Badan Amil Zakat Nasional (BAZNAS) melalui lembaga program Zakat Community Development (ZCD) bekerja sama dengan Balai Penyuluh Pertanian (BPP) Kecamatan Musuk beserta Yayasan SPEK-HAM Surakarta dan BAZNAS Kabupaten Boyolali mengadakan Pelatihan Budidaya Cabai untuk para mustahik bertajuk "Penguatan Pertanian Budidaya Cabai" pada Kamis (18/02).

Kegiatan ini diadakan sebagai bentuk komitmen meningkatkan kualitas dan hasil pertanian di Desa Cluntang Kecamatan Musuk, Kabupaten Boyolali, Jawa Tengah.

Dilatari pemetaan partisipatif yang dilakukan Sahabat ZCD bersama Yayasan SPEK-HAM Surakarta kepada para petani mustahik budidaya cabai, akhirnya kegiatan ini bisa terealisasikan. Selama ini mereka bertani secara tradisional hanya mengandalkan pengetahuan turun-temurun yang diperoleh, serta hasil diskusi dengan petani lain tanpa mengetahui bagaimana bertani yang efektif, optimal, dan hasil yang baik. Sehingga, mereka memerlukan pengetahuan mengenai tata cara budi daya cabai melalui pelatihan tersebut.

Pelatihan dilaksanakan di rumah Harso di Dk. Kaliwuluh Desa Cluntang pada pagi hari dan dihadiri 9 petani mustahik serta 5 anggota TIM BPP Kecamatan Musuk. Kegiatan ini diawali dengan pengenalan program ZCD di Desa Cluntang oleh Sahabat ZCD, kondisi pertanian cabai di Desa Cluntang, serta hal yang menjadi urgensi perlunya pelatihan ini.

Selanjutnya penyampain materi oleh tim BPP bagian Penyuluh Pertanian Lapangan (PPL) Ismady dan Asis Susilowati. Ismady menyampaikan materi pengendalian hama dan penyakit tanaman. Sedangkan, Asis Susilowati memberi materi mengenai persemaian, persiapan lahan, pemupukan dasar, pemasangan mulsa, penanaman bibit serta pemeliharan tanaman cabai.

Para peserta sangat aktif dalam setiap sesi penyampaian materi, hal ini dibuktikan melalui tanggapan peserta serta pertanyaan yang diajukan kepada pemateri terutama mengenai pengendalian hama & penyakit untuk tanaman cabai. "Kunci untuk melakukan perawatan tanaman, pengendalian hama & penyakit yaitu tepat jenis, tepat dosis, dan tepat waktu" tutur Ismady.

Kegiatan ini diakhiri dengan sharing dan diskusi bersama dengan tim BPP Kecamatan Musuk mengenai kondisi cabai masing-masing petani dan topik lain yang masih seputar pertanian. BAZNAS berharap semoga dengan adanya pelatihan ini membuat para petani makin aktif dan semangat dalam berbudidaya, sehingga menghasilkan cabai yang berkualitas dan dapat meningkatkan perekonomian mereka.

#ZakatCommunityDevelopment
#LekasPulihIndonesia
#SemestaKebajikanZakat


Terkait

  • Lainnya

  • Bayar Zakat

DAFTAR REKENING ZAKAT BAZNAS

BRI Syariah 1000783214
BNI Syariah 0095555554
Bank Muamalat 3010070753
BSM 7001325498
BCA 6860148755
Bank Mandiri 0700001855555
CIMB Niaga Syariah 860000148800
Bank Mega Syariah 1000015559

an. BAZNAS

Untuk informasi daftar rekening lainnya, silahkan klik baznas.go.id/rekening

Atau melalui layanan zakat digital BAZNAS
1⃣ Website : baznas.go.id/bayarzakat
2⃣ Kitabisa : kitabisa.com/baznas
3⃣ Tokopedia : bit.ly/zakat-tokopedia
4⃣ Bukalapak : bit.ly/zakat-bukalapak
5⃣ Shopee : bit.ly/shopee-baznas

Konfirmasikan bukti transfer zakat dan infak Anda melalui:

Contact Centre BAZNAS
Whatsapp: +6287877373555
Telf: +62 21- 3904555
Email: [email protected]

Atau klik link :
bit.ly/KonfirmasiZakatBAZNAS

#ZakatTumbuhBermanfaat
http://baznas.go.id