Seiring berjalannya waktu, BAZNAS terus menebar manfaat kepada mustahik melalui berbagai programnya. Salah satunya adalah Zakat Community Development (ZCD), yang merupakan program pemberdayaan melalui komunitas dan desa dengan mengintegrasikan aspek dakwah, ekonomi, pendidikan, kesehatan, dan kemanusiaan.

Kali ini BAZNAS mengintegrasikan aspek dakwah dengan membentuk Kelompok Majelis Taklim di Kampung Zakat Talaga, Kecamatan Wasile Selatan, Kabupaten Halmahera Timur, Maluku Utara, pada Selasa (2/2).

Kegiatan Kelompok Majelis Taklim ini perdana dilakukan, dengan menggelar kegiatan pengajian ibu-ibu mustahik Talaga Jaya. Seharusnya kegiatan pengajian ini sudah berjalan sejak 1 tahun lalu, namun karena terkendala Pandemi Covid-19 akhirnya kegiatan ini sempat tertunda. Meski begitu, penundaan tidak pernah menyurutkan semangat mereka untuk terus belajar tentang Al-Qur'an.

Kegiatan ini dihadiri oleh 14 orang ibu-ibu Kelompok Majelis Tak'lim Nurul Hidayah dan didampingi langsung oleh Sahabat ZCD. Hadir juga Ustaz Muhammad Soleh, Lc yang merupakan salah seorang penceramah dan guru tahfidz di salah satu pondok pasantren yang berada di Maluku Utara untuk mengisi kegiatan ini.

Kegiatan dibagi dalam dua sesi dengan masing-masing selama 45 menit, yang pertama pemberian materi tentang Thaharah (bersuci) dan sesi berikutnya membahas perbaikan bacaan Al-Qur'an.

BAZNAS berharap semoga dibentuknya Majelis Taklim ini dapat dirasakan langsung manfaatnya oleh para mustahik. Karena dalam kegiatan ini selain memperoleh ilmu agama, mustahik juga dapat menjalin dan mempererat tali silaturahmi mereka.

#ZakatCommunityDevelopment
#LekasPulihIndonesia
#SemestaKebajikanZakat


Terkait