Badan Amil Zakat Nasional (BAZNAS) bersama Dinas Peternakan dan Perikanan Kabupaten Bungo menggelar pelatihan pembuatan pupuk kompos untuk para mustahik program ZCD di Komunitas Suku Anak Dalam, Desa Dwi Karya Bakti, Kecamatan Pelepat, Kabupaten Bungo, Jambi, pada Rabu (27/1).

Kegiatan ini diawali dengan penyuluhan singkat oleh Dinas Peternakan dan Perikanan Bungo mengenai pemanfaatan kotoran ternak kambing, tata cara pengolahannya menjadi pupuk kompos, dan manfaat pupuk kompos dalam kegiatan pertanian SAD. Kemudian dilanjutkan dengan praktik langsung oleh mustahik melalui arahan tim dinas.

Dimulai dari proses pencacahan rumput sisa pakan, mencampur bahan tersebut dengan bahan mikroba, hingga ke proses penyimpanan pada media. Media yang digunakan adalah karung dan disimpan selama kurang lebih 2 minggu agar pupuk mengalami proses pembusukan secara merata. Praktik Pengolahan kotoran ternak kambing ini menghasilkan 3 karung pupuk kompos.

Dengan adanya pelatihan ini, para mustahik banyak memperoleh pengetahuan tentang pemanfaatan kotoran ternak kambing, mengerti bagaimana tahapan-tahapan pengolahan sederhana dalam pembuatan pupuk kompos, dan memahami cara penggunaan pupuk kompos pada kegiatan pertanian mereka.

BAZNAS berharap semoga pelatihan ini dapat menjadi dasar untuk para mustahik dalam meningkatkan kapasitas ilmu mereka. Kegiatan ini semata tidak hanya sekedar memberikan pelatihan tapi kedepannya para mustahik bisa mempraktikannya secara rutin agar menunjang kegiatan pertanian mereka juga.

#ZakatCommunityDevelopment
#LekasPulihIndonesia
#SemestaKebajikanZakat


Terkait