Lembaga ZCD BAZNAS terus mendorong pelaku UMKM untuk tetap aktif memproduksi usahanya walaupun dalam kondisi pandemi seperti sekarang ini. Seperti Kelompok Mustahik Malek Mudi yang terbentuk di Desa Gumantar, Kecamatan Kayangan, Kabupaten Lombok Utara, NTB yang sangat semangat dalam memproduksi olahan pisangnya untuk memenuhi pesanan konsumen.

Didampingi Sahabat ZCD, sebanyak 6 anggota yang tergabung dalam kelompok melakukan produksi pisang sale pada Sabtu (23/1) di Rumah Produksi Dusun Dasan Belek, Desa Gumantar. Para mustahik menggoreng pisang sale sebanyak 25 kilogram dan dikemas dengan harga rata-rata Rp10.000. Setelah dikemas, sebanyak 100 pcs pisang sale diantarkan ke Nur di Pasar Kediri, Lombok Barat dan sebanyak 50 pcs untuk Agus seorang suplier di Pasar Pemenang, Lombok Utara. Sehingga pendapatan keseluruhan yang didapatkan sebesar Rp1.500.000.

Walaupun sedang kondisi pandemi seperti ini, para mustahik sangat bersyukur dengan adanya pesanan dari konsumen yang berlimpah, sehingga mereka tetap mempunyai kegiatan dan pemasukan untuk memenuhi kebutuhan pokok sehari-hari di rumah. Selain itu, setiap melakukan produksi para mustahik juga tetap menerapkan protokol kesehatan. Jadi, selain berdaya dibidang ekonomi, mereka juga tetap ikhtiar dalam mencegah terpaparnya virus corona.

 

#ZakatCommunityDevelopment

#LekasPulihIndonesia

#SemestaKebajikanZakat


Terkait