Badan Amil Zakat Nasional (BAZNAS) melalui lembaga program Zakat Community Development (ZCD) terus berupaya menjalin kerja sama dengan berbagai pihak untuk membangun dan mengembangkan ide-ide pemberdayaan. Salah satunya di titik implementasi ZCD yaitu di Kampung Zakat Talaga Jaya, Kecamatan Wasile Selatan, Kabupaten Halmahera Timur, Maluku Utara. Di sana, ZCD bekerja sama dengan Balai Pertanian Provinsi Maluku Utara dalam Pembinaan Kelompok Tani.

Sahabat ZCD melakukan koordinasi dengan Kepala Seksi Penyuluhan Balai Pertanian, Bapak Musa Abdullah, M.Si, pada Senin (18/1). Dalam pertemuan itu, Sahabat ZCD menyampaikan rencana-rencana kegiatan tahun 2021. Pihak balai sangat merespons dan siap mendukung untuk pengembangan sumber daya para petani.

Kelompok tani yang terbentuk di Kampung Zakat Talaga Jaya terfokus pada komoditi tanaman holtikultura. Sesuai kesepakatan, bantuan yang akan diberikan oleh pihak balai adalah berupa pemantapan SDM kelompok terkait dengan sistem penanaman tanaman holtikultura berstandar nasional. Tujuannya adalah agar para petani mampu bersaing pada kualitas dan kuantitas tanamannya.

Selain itu, pihak balai juga bersedia mengirimkan tenaga untuk mengontrol kegiatan para petani selama satu bulan sekali. "Nanti akan ada penandatanganan MoU antara balai dengan kelompok tani, setelah itu balai akan siap support dengan pengadaan bibit dan pupuk" ucap Sahabat ZCD, Sunarto Hasan.

#ZakatCommunityDevelopment
#LekasPulihIndonesia
#SemestaKebajikanZakat


Terkait