Badan Amil Zakat Nasional (BAZNAS) melalui lembaga program Zakat Community Development (ZCD) terus berupaya mempertahankan dan meningkatkan produktivitas UMKM yang telah terbentuk melalui kolaborasi dengan pihak-pihak terkait. Misalnya, UMKM yang dibentuk di Desa Selat, Kecamatan Narmada, Kabupaten Lombok Barat, NTB yang bekerja sama dengan Dinas Koperasi Kabupaten Lombok Barat.

Banyak UMKM di Indonesia yang mengalami penurunan penjualan dan tekanan produksi yang disebabkan oleh adanya pandemi Covid-19 yang tak kunjung usai. Akibatnya banyak UMKM yang tidak dapat bertahan, sehingga harus menutup usaha-usahanya.

Dinas Koperasi Lombok Barat melakukan kunjungan ke Kelompok UMKM Al-Barokah binaan ZCD pada Jumat (22/1), untuk meninjau proses produksi aneka produk yang telah dibuat oleh kelompok tersebut. Dinas Koperasi sangat tertarik dan siap mendukung semua kebutuhan kelompok seperti mengadakan pelatihan dan praktik agar kelompok makin mahir dan terampil dalam mengolah produknya.

"Kami siap membantu Kelompok Al-Barokah untuk pengurusan izin usaha kelompok tanpa biaya apapun dan kami juga akan menyiapkan lapak penjualan untuk kelompok agar lebih mudah dalam pemasaran produknya" ujar Kepala Dinas Koperasi, Bapak H. Taufik

Para anggota kelompok sangat senang atas kunjungan dan support dari Dinas Koperasi. Dengan ini mereka akan semakin semangat dalam meningkatkan produksinya lagi.

#ZakatCommunityDevelopment
#LekasPulihIndonesia
#SemestaKebajikanZakat


Terkait