Semakin meningkatnya mualaf di Kalimantan Barat, khususnya di Desa Keranji Paidang, Kecamatan Sengah Temila, Kabupaten Landak, turut berdampak pada meningkatnya keinginan para mualaf untuk belajar tentang keagamaan. Namun, karena minimnya sumber daya manusia Da'i/Da'iyah di sana, keinginan mereka sedikit sedikit terhambat.

Melihat kondisi seperti ini, BAZNAS melalui Sahabat ZCD berkoordinasi dengan Kasi Pendis Kemenag Kabupaten Landak sekaligus Ketua PDM Muhammadiyah Kab. Landak, H. M. Zulkarnain, S.Ag, M.Pd.I terkait pemenuhan kebutuhan Asatidz yang bersedia untuk ditempatkan di Desa Keranji Paidang.

Beliau merupakan salah satu tokoh yang menginisiasi program ZCD di Desa Keranji Paidang dan beliau memiliki akses kepada kader-kader berbasis ulama, sehingga BAZNAS berharap ada program dari organisasi yang dapat menjawab ketersediaan Da’i di titik binaan secara kontinyu.

Kemenag Kabupaten Landak siap support dan mengadvokasi semaksimal mungkin dengan pihak-pihak terkait untuk memberdayakan masyarakat terutama pada aspek keagamaan, namun belum bisa menjanjikan sepenuhnya untuk pengadaan Da'i/Da'iyah karena faktor sulitnya mencari Asatidz untuk ditempatkan di daerah.

Dalam hal ini, Sahabat ZCD juga akan terus melakukan pendampingan kepada masyarakat dan mustahik agar mereka berdaya dan berakhlakul karimah.

#ZakatCommunityDevelopment
#LekasPulihIndonesia
#SemestaKebajikanZakat


Terkait