Badan Amil Zakat Nasional (BAZNAS) melalui lembaga programnya, Zakat Community Development (ZCD) menarik minat Sekolah Menengah Pertama (SMP) Homescholling Bening Indonesia untuk berkunjung ke titik binaan ZCD BAZNAS Hutan Wakaf I dan II, Desa Cibunian, Kecamatan Pamijahan, Kabupaten Bogor, Jawa Barat, Sabtu (17/1).

Kunjungan ini diadakan atas ketertarikan Ketua Yayasan Bening Indonesia yang sebelumnya melihat berbagai aktivitas kegiatan pemberdayaan mustahik yang dilaksanakan melalui program pemberdayaan ZCD BAZNAS melalui media sosial.

Kegiatan ekonomi mustahik yang sesuai dengan kurikulum sekolah menjadikan pengalaman ilmu baru untuk para siswa dan siswi Sekolah Bening Indonesia dalam belajar dan tadabbur alam.

Karena saat ini masih dalam kondisi Pandemi Covid-19, kegiatan tetap menerapkan protokol kesehatan dengan mencuci tangan, menggunakan masker, dan menjaga jarak. Sebelumnya peserta yang hadir juga melakukan swab antigen untuk antisipasi penyebaran Covid-19.

Kegiatan dilaksanakan di Saung Riung Hutan Wakaf dengan pengenalan lokasi dan sejarah desa sebagai awalan. Sahabat ZCD juga memaparkan program ZCD BAZNAS yang sedang berjalan di desa ini. Selanjutnya peserta juga diajarkan dalam perawatan vegetasi bersama Kelompok Mustahik Giat Bersama Lebah Trigona. Kegiatan diakhiri dengan kajian yang dibawakan oleh Ketua Yayasan Hutan Wakaf dan pembuatan kue tradisional berupa kue papais, katimus, combro, dan bugis yang diajarkan oleh istri-istri mustahik.

Mempromosikan kegiatan-kegiatan pemberdayaan mustahik di media sosial lama-kelamaan semakin terlihat manfaatnya. Harapannya semoga banyak dari pihak-pihak eksternal yang tertarik untuk bekerjasama dan belajar mengenai program ZCD BAZNAS. Sehingga, kegiatan mustahik akan banyak dikenal secara luas dan mustahik semakin berdaya di segala bidang.

#ZakatCommunityDevelopment
#LekasPulihIndonesia
#SemestaKebajikanZakat

 

 


Terkait