Badan Amil Zakat Nasional (BAZNAS) melalui program Zakat Community Development (ZCD) bersama para stakeholder Kabupaten Langkat melaksanakan aksi penanaman pohon di Desa Secanggang, Kecamatan Secanggang, Kabupaten Langkat, Sumatera Utara pada Selasa (19/1). Hal ini merupakan salah satu wujud nyata BAZNAS dalam menjaga dan melestarikan lingkungan khususnya di titik implementasi program.

Kegiatan dihadiri oleh Jasmadi, Koordinator lapangan ZCD BAZNAS RI, M. Nuh, Sahabat ZCD, dan para anggota kelompok mustahik sebagai pihak pelaksana. Hadir juga Nasrul Azman, Kepala Desa Secanggang; Agung Tritantyo, Sekretaris Camat Kec. Secanggang; Hariyanto, Kepala Desa Pantai Gading; Edi Komari, Babinsa Koramil 08 Desa Secanggang; Usman, BPD Secanggang; dan seluruh Kepala Dusun Desa Secanggang.

"Melestarikan pohon sangatlah penting, hal itu bisa kita mulai dengan menanam pohon dan merawatnya. Gerakan kecil ini akan memperoleh manfaat yang besar untuk anak cucu kita nanti di masa mendatang" tutur Jasmadi

Sebanyak 3000 bibit pohon yang didapatkan langsung dari Balai Persemaian KLHK Balai Pengelolaan DAS Wampu Sei Ular, Pancur Batu Sumut ditanam dan diberikan secara simbolis kepada mustahik oleh Koordinator Lapangan ZCD. Adapun bibit-bibit tersebut di antaranya bibit durian sebanyak 1000 batang, manggis 1000 batang, sirsak 500 batang, jengkol 250 batang, dan pete 250 batang. Karena jarak antara Desa Secanggang ke balai pertanian cukup jauh, maka pengambilan bibit tersebut menggunakan mobil pickup yang didanai oleh pihak Desa Secanggang.

BAZNAS berharap dengan adanya sinergi bersama stakeholder seperti ini, dapat membentuk ikatan silaturahmi yang kuat dalam pembangunan desa dan juga kelestarian lingkungan.

#ZakatCommunityDevelopment
#LekasPulihIndonesia
#SemestaKebajikanZakat


Terkait