Badan Amil Zakat Nasional (BAZNAS) melalui Lembaga Zakat Community Development (ZCD) hadir dalam program pemberdayaan masyarakat terdampak gempa di Kampung Zakat Dusun Longserang Timur, Desa Langko, Kecamatan Lingsar, Kabupaten Lombok Barat, NTB. Salah satu program yang dijalankan adalah pembuatan kerajinan anyaman ketak dengan bahan ketak dan rotan.

Sebanyak 10 mustahik perajin yang tergabung dalam Kelompok Mawar terus meningkatkan produksi anyamannya seiring meningkatnya permintaan pasar. Pada Kamis (14/1), Sahabat ZCD mendampingi mustahik untuk menjual anyaman ke Awidi yang merupakan pengepul ketak di Lombok Barat.

Ketak dijual sebanyak 5 buah dengan berbagai macam ukuran yaitu, satu tempat nasi ukuran 25x35 cm dengan harga Rp90.000, dua tempat buah ukuran 35x45 cm harga Rp35.000, dan dua tempat buah ukuran 25x25 cm harga Rp30.000. Proses produksi kerajinan ketak membutuhkan waktu sekitar 3-4 hari tergantung tingkat kesulitannya.

Diharapkan melalui kegiatan ini, semangat para mustahik tetap terjaga dalam mengembangkan dan memasarkan produk kerajinannya untuk mencapai kesejahteraan mereka dalam bidang ekonomi.

#ZakatCommunityDevelopment
#LekasPulihIndonesia
#SemestaKebajikanZakat


Terkait