Badan Amil Zakat Nasional (BAZNAS) melalui program Lembaga Zakat Community Development (ZCD) hadir di tengah masyarakat yang membutuhkan, salah satunya di Desa Selat, Kecamatan Narmada, Kabupaten Lombok Barat, NTB. Program yang dijalankan oleh ZCD BAZNAS ini sangat membantu kehidupan para mustahik, khususnya di bidang ekonomi.

Saat ini program tersebut telah memasuki tahun ketiga. Dalam hal ini, Kelompok Mustahik Al-Barokah melaksanakan syukuran dengan mengadakan acara zikir dan santunan anak yatim pada Rabu (13/1). Kegiatan ini menerapkan protokol kesehatan ketat guna mencegah potensi penularan Covid-19.

Bertempat di halaman rumah kepala desa, acara ini dihadiri 10 orang anak yatim, Sahabat ZCD, kepala Desa Selat, Ketua RT, dan seluruh anggota mustahik yang dibentuk ZCD BAZNAS di Desa Selat. Kegiatan ini menggunakan seluruh dana dari kas Kelompok Al-Barokah sebesar Rp1.500.000.

Tidak hanya santunan, zikir, dan tasyakuran saja yang diadakan dalam acara ini, namun semua anggota yang hadir juga sekaligus diskusi mengenai kendala-kendala kelompok. Dari hasil kegiatan ini juga anggota berharap dapat mengadakan acara seperti ini rutin setiap bulannya, dan kelompok lain juga bisa ikut mengadakan kegiatan yang bernilai positif.

Dengan diadakannya acara ini, berharap para mustahik dapat lebih bersyukur atas apa yang telah diperoleh dan melihat kehidupan di lingkungan masyarakatnya. Sehingga, selain mandiri secara ekonomi, para mustahik juga punya jiwa kemanusiaan sesuai dengan 5 aspek yang diterapkan oleh ZCD BAZNAS.

#ZakatCommunityDevelopment
#LekasPulihIndonesia
#SemestaKebajikanZakat


Terkait