Badan Amil Zakat Nasional (BAZNAS) melalui program Zakat Community Development (ZCD) bekerja sama dengan Pemerintah Desa Centai dan UPT Puskesmas Kecamatan Pulau Merbau, Kabupaten Kepulauan Meranti, Riau, melakukan sosialisasi Perilaku Hidup Bersih dan Sehat (PHBS) di Desa Centai kepada 28 mustahik binaan ZCD BAZNAS, Selasa (12/1).

Kegiatan ini ditujukan untuk memberi informasi dan edukasi tentang hidup bersih dan sehat, agar warga dapat terhindar dari berbagai penyakit, salah satunya terpapar virus korona.

Walaupun kegiatan dilakukan secara tatap muka, namun para mustahik tidak mengabaikan protokol kesehatan dan menerapkan 3M, yakni menggunakan masker, mencuci tangan, dan menjaga jarak.

Berlokasi di Kantor Desa Centai, sebanyak 2 orang pemateri didatangkan langsung dari UPT Puskesmas, drg Hairani Lubis dan Ketua Bagian PHBS Puskesmas, Hendra Gunawan untuk memberikan materi sosialisasi.

Selama kegiatan berlangsung, mustahik banyak dibekali pengetahuan seperti meningkatkan sikap atau perilaku hidup bersih dan sehat. Beberapa materi yang disampaikan yaitu persalinan oleh tenaga kesehatan, memberi ASI ekslusif, menimbang balita setiap bulan, menggunakan air bersih, mencuci tangan dengan air bersih dan sabun, menggunakan jamban sehat, memberantas jentik di rumah sekali seminggu, makan buah dan sayur setiap hari, melakukan aktivitas fisik setiap hari, dan tidak merokok di dalam rumah.

"Dengan adanya sosialisasi PHBS dari Program ZCD BAZNAS ini diharapkan mustahik Desa Centai dapat menerapkannya dalam kehidupan sehari-hari terutama dalam anggota keluarga, kelompok, dan masyarakat luas," kata Sahabat ZCD, Hamid.

#ZakatCommunityDevelopment
#LekasPulihIndonesia
#SemestaKebajikanZakat


Terkait