Badan Amil Zakat Nasional (BAZNAS) melalui program Zakat Community Development (ZCD) bersama Pundi Sumatera dan Puskesmas Rantau Keloyang mengadakan lomba rumah bersih sehat dan mandi bersih sehat untuk anak-anak di Komunitas Suku Anak Dalam (SAD), Desa Dwi Karya Bakti, Kecamatan Pelepat, Kabupaten Bungo, Jambi pada Minggu (13/12).

Perlombaan ini bertujuan untuk memberikan gambaran dan edukasi yang lebih mudah dipahami tentang materi Pola Hidup Bersih Sehat (PHBS). Selain itu, kegiatan ini juga turut mengikuti protokol kesehatan ketat untuk mencegah potensi penularan Covid-19.

Sebelum pelaksanaan, seluruh rumah tangga SAD sibuk berbenah, menata, dan membersihkan rumahnya. Sebelum lomba dilakukan, mustahik diberikan bantuan alat-alat kebersihan berupa sapu lantai, sapu lidi, kain pel serta peralatan mandi yang dimanfaatkan mustahik untuk mengikuti lomba.

Indikator rumah bersih sehat yang ditetapkan adalah tidak hanya rumah bersih dan rapih, namun juga sirkulasi udara baik, pakaian terlipat rapi, perabot rumah tangga yang tertata rapi, halaman bebas sampah, dan adanya tanaman di sekitar rumah menjadi nilai tambah penilaian.

Sedangkan untuk pola asuh anak, dilakukan dengan lomba memandikan anak dengan benar dan bersih, memberikan pakaian yang bersih, menilai perlakuan ibu terhadap anak saat proses berlangsung, dan kerapian anak-anak tersebut.

#ZakatCommunityDevelopment
#LekasPulihIndonesia
#SemestaKebajikanZakat


Terkait