Taman Pendidikan Al-Qur'an (TPA) Darul Ilmi binaan Zakat Community Development (ZCD) BAZNAS mengadakan perlombaan Uji Bakat Santri di pengujung tahun 2020. Perlombaan yang berlangsung di TPA yang berada di Desa Tanjung Sari, Kecamatan Tebing Tinggi Timur, Kabupaten Kepulauan Meranti, Riau, ini bertujuan agar para santri lebih giat lagi untuk mempelajari, memahami, dan mempraktikkan isi kandungan Al-Qur’an.

Selain itu, kegiatan ini juga diharapkan mendorong para orang tua untuk lebih memperhatikan bakat dan minat anak yang berbasis pendidikan agama. Kegiatan ini dilaksanakan selama 4 hari yaitu pada tanggal 28-31 Desember 2020.

Terdapat beberapa cabang yang diperlombakan, yaitu tilawah, tahfidz, hafalan doa putra dan putri, azan, dan pidato. Masing-masing cabang diambil 3 peringkat terbaik dan mendapat penghargaan berupa trofi, buku ibadah, dan uang tunai masing-masing senilai Rp300.000 untuk juara 1, Rp250.000 untuk juara 2, dan Rp200.000 untuk juara 3.

Pendanaan kegiatan ini didapatkan dari BAZNAS Kabupaten Kepulauan Meranti, donatur TPA Darul Ilmi, dan uang kas TPA Darul Ilmi.

Acara berlangsung sukses hingga penutupan yang berlangsung pada Kamis (31/12/2020). Acara penutupan diawali dengan pembacaan Al-Quran dan persembahan karya santri berupa puisi dan olahan sampah plastik bekas.

"Saya sangat mensupport atas terlaksananya kegiatan Uji Bakat Santri ini, sehingga dapat membantu pemerintah desa untuk menumbuh kembangkan minat bakat anak," kata Kepala Desa Tanjung Sari, Usman.

Sedangkan Perwakilan dari BAZNAS Kepulauan Meranti, Rokimin mengatakan bahwa pembinaan TPA ini merupakan salah satu program BAZNAS di bidang pendidikan dan dakwah yang diharapkan mampu menjadi panutan bagi lembaga pendidikan lainnya dalam mensyiarkan kebenaran dan juga menjadi tempat lahirnya generasi yang memahami Al-Qur’an.

#ZakatTumbuhBermanfaat
#ZCDBAZNAS
#LekasPulihIndonesia
#SemestaKebajikanZakat


Terkait