Badan Amil Zakat Nasional (BAZNAS) melalui Zakat Community Development (ZCD) bersinergi dengan Yayasan Ahmad Syamsul Ma'arif mengadakan peluncuran program pemberdayaan berbasis pesantren di Desa Langgongsari, Kecamatan Cilongok, Kabupaten Banyumas, Jawa Tengah, Selasa (29/12).

Kegiatan ini turut dihadiri Ketua 4 BAZNAS Kabupaten Banyumas Khasanatul Mufidah, Ketua Yayasan Ahmad Syamsul Ma'arif Agus Muhammad, Kepala Desa Langgongsari, Owner Enha Corp, Ormas Desa Langgongsari, Kelompok Mustahik, dan Sahabat ZCD. Para peserta pada kegiatan ini tetap menerapkan protokol kesehatan dengan mencuci tangan, menggunakan masker, dan menjaga jarak untuk mengantisipasi potensi penyebaran Covid-19.

"ZCD merupakan program pemberdayaan BAZNAS melalui komunitas dan desa dengan mengintegrasikan aspek dakwah, ekonomi, pendidikan, kesehatan, dan kemanusiaan secara komprehensif yang sumber pendanaannya dari zakat, infak, sedekah dan dana sosial keagamaan lainnya. Dengan hadirnya ZCD BAZNAS diharapkan dapat mengembangkan dan meningkatkan 5 aspek di Desa Langgongsari khususnya di Pondon Pesantren Nurul Huda" tutur Sahabat ZCD dalam sambutannya.

Agus Muhammad selaku Ketua Yayasan mengatakan, agar para mustahik dapat memantapkan niat untuk bersama-sama menjaga amanah dari BAZNAS melalui ZCD, juga diharapkan agar serius dan tanggung jawab dalam menjalankan semua program.

"Lakukanlah program ini semua dengan istiqomah dan jangan pantang menyerah," kata Agus.

Kegiatan ini turut mendapat apresiasi positif dari Pemerintah Desa Langgongsari yang sangat berterima kasih dengan adanya program ini, karena sangat membantu peningkatan ekonomi masyarakat. Pemerintah desa juga siap untuk mengawal dan membantu mengembangkan program ZCD.

Sekaligus peresmian program ZCD, Khasanatul Mufidah menyatakan siap mengawasi dan mendukung kegiatan program agar berjalan lancar tidak ada hambatan.

Turut diadakan serah terima secara simbolis kepada perwakilan Kelompok Mustahik, di antaranya Rp150.000.000 diserahkan oleh Ketua 4 BAZNAS Kabupaten Banyumas kepada Kelompok Ternak Domba Enha Farm, Rp21.975.000 diserahkan oleh Ketua Yayasan kepada Kelompok Usaha Ayam Kampung, Rp17.610.000 diserahkan oleh Kepala Desa kepada Kelompok Budidaya Ikan Tawar, Rp15.300.000 diserahkan oleh Owner Enha Corp kepada Kelompok Usaha Jamur, dan terakhir Rp12.000.000 untuk program pendidikan, serta Rp3.000.000 untuk program kesehatan kepada pengurus PKBM Al-Aqwiya dan Ibu Kader Kesehatan Langgongsari.

#ZakatTumbuhBermanfaat
#ZCDBAZNAS
#LekasPulihIndonesia
#SemestaKebajikanZakat


Terkait