BAZNAS melalui Zakat Community Development (ZCD), BAZNAS Tanggap Bencana (BTB), dan Yayasan Hutan Wakaf Bogor mengadakan pelatihan Kampung Tanggap Bencana (KTB) di Desa Cibunian, Kecamatan Pamijahan, Kabupaten Bogor, Jawa Barat, selama lima hari dari Senin hingga Sabtu (21-25/12).

Kampung Tanggap Bencana merupakan bagian dari program ZCD. Program tersebut dibentuk lantaran Desa Cibunian merupakan desa yang rawan terjadinya bencana, maka pelatihan ini sangat dibutuhkan bagi para mustahik khususnya bagi anggota KTB. Pelatihan yang didampingi oleh Sahabat ZCD ini dihadiri oleh Tim BTB, anggota KTB, pemerintah desa, karang taruna, dan masyarakat Desa Cibunian.

Sebanyak 30 orang peserta hadir dalam pelatihan yang dibekali seputar kebencanaan seperti, penyusunan kajian risoko bencana dan aksi, penanggulangan bencana, pembuatan peta ancaman dan peta evakuasi, pengembangan sistem peringatan dini dan pembagian peran, serta diputar juga film dokumenter BTB.

Ke depannya, para anggota KTB akan memasang plang titik evakuasi di beberapa titik Desa Cibunian, serta melaksanakan simulasi dan pengukuhan KTB.

"Semoga dengan adanya pelatihan ini, dapat bermanfaat bagi masyarakat Desa Cibunian, serta menciptakan kader-kader tanggap bencana untuk menghindari potensi kerugian besar di masa depan," kata Sahabat ZCD, Edih.

#ZakatTumbuhBermanfaat
#ZCDBAZNAS
#LekasPulihIndonesia
#SemestaKebajikanZakat


Terkait