Ada suasana yang berbeda dalam kegiatan para santri di Taman Pendidikan Al-Qur'an (TPQ) Al-Ikhlas kali ini. Berlokasi di Dusun Ketapang, Desa Madayin, Kecamatan Sambelia, Kabupaten Lombok Timur, Nusa Tenggara Barat, 47 santri mendapatkan kajian khusus dan motivasi serta renungan mengenai perjuangan seorang ibu demi anaknya, pada Selasa (22/12) yang sekaligus bertepatan dengan Hari Ibu.

Di momentum kali ini, kajian dipandu langsung Sahabat (Zakat Community Development) ZCD bersama Sekretaris Desa Madayin, Ustadz Zaenudin. Selain itu, juga dihadiri oleh 18 wali santri, 3 pihak pemerintah desa, dan 3 guru TPQ. Dalam kajiannya, beliau menyampaikan salah satu bentuk bakti anak kepada seorang ibu yang senantiasa selalu sabar dalam merawat dan memberikan kasih sayang sejak dalam kandungan adalah dengan menuntut ilmu yang bermanfaat.

Membahagiakan orang tua bukan saja dilakukan dengan memberi materi, namun bisa dilakukan dengan menuntut ilmu secara bersungguh-sungguh. Secara tidak langsung, orang tua khususnya ibu akan merasa bahagia dengan melihat anaknya mempelajari ilmu dan mengamalkannya untuk keselamatan dan kebahagiaan di dunia dan akhirat. Pasalnya, hal itu akan bermanfaat kepada orang tua kelak setelah meninggal dunia.

Berjalan kurang lebih selama 25 menit sejak pukul 19.00 WITA, beberapa santri ikut terhanyut dalam suasana dengan meneteskan air mata kala meresapi betapa besar perjuangan seorang ibu demi membesarkan dan membahagiakan anaknya. Di penghujung acara, para ibu turut terlibat dalam kegiatan dengan membawakan sebungkus roti yang diberikan kepada anak-anaknya usai menyimak kajian.

TPQ Al-Ikhlas ini merupakan salah satu bentuk kegiatan pemberdayaan yang dilakukan ZCD BAZNAS dalam aspek dakwah. Setiap hari, para santri diajarkan membaca Al-Qur’an sesuai kaidah tajwid yang baik dan benar. Selain itu, dalam aspek ekonomi, ZCD BAZNAS membina mustahik dalam usaha produksi kue dan kerupuk serta budidaya madu yang memiliki anggota mustahik 15 KK di setiap kelompoknya.

Rencana program selanjutnya yang akan dilakukan adalah melakukan rapat bersama Pemerintah Desa Madayin dan orang tua wali santri untuk membahas mengenai pembangunan TPQ Al-Ikhlas. Dengan berlangsungnya kegiatan ini diharapkan para santri menjadi lebih semangat dan termotivasi untuk terus belajar, demi tercetaknya generasi yang beriman dan berakhlaqul karimah.

#ZakatTumbuhBermanfaat
#ZCDBAZNAS
#LekasPulihIndonesia
#SemestaKebajikanZakat


Terkait