Kelompok Mustahik Ternak Ngudi Rezki binaan Desa Wonokerto, Kabupaten Sleman, Yogyakarta, turut bersinergi dengan para pihak yang terkait dan tim tanggap bencana dalam kesiapsiagaan menghadapi potensi bencana. Hal itu didasari status Gunung Merapi yang saat ini masih berada di level siaga, dan sewaktu-waktu bisa erupsi.

Lokasinya yang hanya berjarak 6,5 kilometer dari puncak Merapi membuat Desa Wonokerto itu ditetapkan sebagai Kawasan Rawan Bencana 3 (KRB3).

Sahabat Zakat Community Development (ZCD) BAZNAS mendatangi Kantor Lurah Wonokerto untuk koordinasi lanjutan secara kelembagaan terkait tanggap bencana dan rencana evakuasi bersama salah satu anggota Tim Tanggap Bencana Siaga Merapi, Didiek.

Hasilnya, masyarakat diharapkan terus siaga, bersiap mengungsi, dan tetap mengikuti arahan tim tanggap bencana.

Sementara itu, Kepala Lembaga Program ZCD, Tatiek Kancaniati menyebut kesiapsiagaan Desa Wonokerto sudah baik. Tim Tanggap Bencana juga telah mendirikan Posko SAR tingkat Provinsi.

"Namun, kendala yang terjadi sampai saat ini adalah belum adanya kesepakatan untuk evakuasi ternak. Sehingga, Sahabat ZCD akan terus melakukan diskusi dan koordinasi dengan para stakeholder secara berkala," ujarnya.

#ZakatTumbuhBermanfaat
#ZCDBAZNAS
#LekasPulihIndonesia
#SemestaKebajikanZakat

 


Terkait