Kelompok binaan Zakat Community Development (ZCD) BAZNAS membantu kelompok mustahik di Pemukiman Suku Anak Dalam (SAD), Dusun Kelukup, Desa Dwi Karya Bakti, Kecamatan Pelepat, Kabupaten Bungo, Jambi dalam praktik pembuatan ikan asap, Senin (30/11/2020).

Tujuan dari praktik ini adalah untuk mendapatkan hasil ikan asap lebih baik dari sebelumnya yang dinilai masih belum memenuhi standar pasar. Pembuatan ikan asap kali ini lebih terorganisir dengan tanggung jawab yang berbeda dari masing-masing mustahik.

Pembuatannya berlangsung selama 12 jam melalui dua tahap pengasapan yaitu tahap pertama menggunakan sabut kelapa dan tahap kedua menggunakan kayu bakar.

Proses pengasapan ini diperhatikan mustahik secara bergantian, khususnya dalam menjaga kondisi api agar lebih stabil dengan asap yang banyak. Alhasil, ikan asap yang didapatkan pada praktik kali ini cukup memuaskan, ikan hasil pengasapan kering sempurna dan beraroma wangi kelapa.

Dengan adanya praktik secara terus menerus, diharapkan para mustahik akan menjadi lebih percaya diri terhadap hasil produknya untuk bersaing di pasaran. Sehingga, hal ini dapat membantu untuk meningkatkan kesejahteraan para mustahik.

#ZakatTumbuhBermanfaat
#ZCDBAZNAS
#LekasPulihIndonesia
#SemestaKebajikanZakat


Terkait