DKI Jakarta dikenal sebagai kota metropolitan dengan gedung-gedung tinggi menjulang, perkampungan padat, dan banyaknya pusat perbelanjaan, sehingga sangat sulit sekali kita temukan lahan perkebunan ataupun pertanian. BAZNAS melalui program Lembaga Zakat Community Development (ZCD) menyulap daerah perkampungan Jakarta dengan mencanangkan program Kebun Keluarga Indonesia (KKI) yang berlokasi di Kelurahan Kebon Manggis, Kecamatan Matraman, Jakarta Timur. KKI merupakan program inisiasi ZCD guna penguatan pangan mustahik dalam masa pandemi Covid-19, pada Ahad (22/11/2020).

Pada kesempatan kali ini tiga orang mustahik binaan BAZNAS yang berada di Kelurahan Kebon Manggis melaksanakan panen kangkung dan bayam yang telah mereka tanam kurang lebih selama 2 bulan belakangan ini. Kangkung dan bayam yang dipanen masing-masing sebanyak 3 ikat. Mustahik menanam sayuran tersebut di halaman rumahnya dengan menggunakan polybag.

"Daripada halaman kosong tak terpakai, Alhamdulillah jadi lebih bermanfaat dengan adanya program KKI ini," ujar salah satu mustahik, Ina .

Pendampingan juga selalu dilakukan oleh Sahabat ZCD secara berkala dengan memberikan arahan-arahan kepada mustahik, sehingga tanaman dapat termonitor pertumbuhannya sampai tiba masa panen. BAZNAS pun berharap dengan adanya program Kebun Keluarga Indonesia ini, mustahik mampu memenuhi kebutuhan pangan secara mandiri.

#ZakatTumbuhBermanfaat

#ZCDBAZNAS

#LekasPulihIndonesia

#SemestaKebajikanZakat


Terkait