Dalam mendorong upaya keberlanjutan aktivitas kelompok Todak Mas Ikan Asin, BAZNAS melalui Zakat Community Development terus berupaya mendorong peningkatan aktivitas kelompok. Hal ini dilakukan dengan melakukan monitoring lanjutan pada kelompok pengolahan ikan asin Todak Mas pada Selasa, (17/11/2020). Proses yang panjang memerlukan monitoring secara berkala agar capain-capaian yang disusun dari awal dapat dilihat dampaknya.

Kelompok Todak Mas Ikan Asin sendiri sudah mulai melakukan usaha produksi ikan asin yang ketiga kalinya semenjak cuaca beberapa minggu sebelumnya yang tidak mendukung untuk melakukan usaha. Angin dan hujan cukup lebat disertai angin kencang melanda gampong seurapong. Namun, dalam minggu pertama November ini, keadaan cuaca sudah mulai membaik dan beberapa nelayan tampak sudah mulai turun kelaut sehingga bahan baku untuk pengolahan kelompok mudah didapatkan.

Kelompok Todak Mas Ikan Asin Seurapong biasanya melakukan belah ikan dan proses penjemuran sebagai usaha mereka untuk dijual kepada warga dimulai pada 10.00 hingga 12.30 WIB karena pada jam tersebut panas matahari sedang dalam masa tinggi. Saat ini kelompok Todak Mas Ikan Asin sudah menerima bahan baku seberat 30 kg ikan segar untuk dibelah dan diasinkan.

Kelompok bisa menghasilkan ikan asin seberat 10 kg dari hasil 30 kg ikan segar dan dijual dengan harga 55.000 / kg. Harga yang cukup tinggi ini menjadi pemacu semangat nelayan mustahik dalam berjualan.

Dalam proses pengasinan ini, penjemuran ikan Kelompok Todak Mas gampong seurapong dilakukan pada dua tempat yaitu di tempat Sahabat ZCD, Muhammad  serta Ketua dan Anggota kelompok Todak Mas ikan Asin Seurapong sehingga tidak ada kendala dalam proses penjemurannya. Dengan melihat progres tersebut, Sahabat ZCD memutuskan untuk menambah waktu sebagai kebutuhan Kelompok Kelompok Todak Mas ikan Asin untuk dapat melakukan produksi lagi di minggu ke 3 November guna memenuhi permintaan ikan asin oleh warga tetangga kampung.

Semoga, dengan peningkatan aktivitas ini, BAZNAS mampu memberikan sumbangsih secara lebih nyata kepada para mustahik. Hal ini agar mustahik secara perlahan dapat berdaya dan mandiri nantinya.

#ZakatCommunityDevelopment
#ZCDBAZNAS
#LekasPulihIndonesia
#SemestaKebajikanZakat


Terkait