Dalam meningkatkan produktivitas kelompok itik petelur, BAZNAS melalui Sahabat ZCD mendorong produktivitas dengan melakukan peninjauan di lapangan terkait kondisi itik yang dikelola oleh mustahik. Langkah ini dilakukan agar capain-capaian program yang disusun dari awal dapat terus berjalan hingga akhirnya tercapai sesuai dengan target serta mengetahui secara detail keadaan terkini pada anggota kelompok.

Hal pertama yang dilakukan adalah mengecek keadaan itik dengan cara silaturahmi ke rumah masing-masing anggota kelompok ternak itik di Desa Gotakan, Desa Gotakan, Kecamatan Panjatan, Kulon Progo. Kemudian, kegiatan ini di follow up kembali dengan melakukan konsolidasi kelompok pada Senin (9/11/2020) pukul 16.00-19.00 WIB.

Sahabat ZCD mengawali kegiatan dengan melakukan kunjungan bersama salah satu anggota kelompok ternak itik Desa Gotakan, Suryadi untuk berkeliling ke rumah anggota kelompok lainnya yang berjumlah delapan orang. Dalam rangkaian tersebut, Sahabat ZCD juga mengecek kondisi ternak itik, menggali beberapa informasi terkait keseharian mustahik, dan menanyakan waktu-waktu yang memungkinkan untuk pertemuan kelompok.

Hal ini dilakukan karena kondisi kelompok yang sudah lama tidak ada pertemuan, terlebih selama pandemi Covid-19 yang menerapkan larangan untuk dapat berkumpul secara berkelompok di satu tempat.

Di sisi lain, dimana pekerjaan mustahik rata-rata adalah buruh tani dan bangunan, sehingga untuk pertemuan Sahabat ZCD memberikan ususaln waktu yang memungkinkan, dimana waktu sore hari, atau pagi hari, adalah waktu yang baik untuk pertemuan kelompok selain waktu malam hari dan akhir pekan. Desa Gotakan, Kec. Panjatan, Kulon Progo adalah salah satu lokasi program Zakat Community Development BAZNAS untuk kegiatan itik petelur.

Dalam kegiatan monitoring ini, ditemukan beberapa ternak itik yang dipelihara mustahik ternyata sudah ada yang dijual, tidak bertelur karena beratnya kebutuhan selama pandemi. Di sisi lain, ada juga protes tetangga karena kelompok itik ini menimbulkan bau yang kurang sedap.

Setelah mengetahui kondisi tersebut, Sahabat ZCD dan Kelompok akhirnya berinisiatif berkumpul dalam mencari solusi bersama agar masalah-masalah tersebut dapat dipecahkan bersama-sama. Sahabat dalam hal ini, memberikan penguatan dalam bentuk strategi-startegi kedepan yang akan dicoba oleh masing-masing anggota kelompok. Sehingga, dengan proses yang panjang dan ikhtiar, pelbagai masalah dapat diselesaikan secara lebih komprehensif.

 

#ZakatTumbuhBermanfaat

#ZCDBAZNAS

#LekasPulihIndonesia

#SemestaKebajikanZakat


Terkait