Di wilayah pedesaan masih banyak masyarakat yang belum memiliki fasilitas MCK (Mandi, Cuci, dan Kakus) atau sudah memiliki MCK tetapi tidak sesuai standar MCK yang layak. Padahal, MCK adalah kebutuhan primer bagi setiap individu manusia dan juga berkaitan dengan kualitas kesehatan dan kebersihan.

Badan Amil Zakat Nasional (BAZNAS) melalui Lembaga Zakat Community Development (ZCD) memberikan bantuan pembuatan MCK di Dusun Dasan Tarang, Desa Gumantar, Kecamatan Kayangan, Kabupaten Lombok Utara, Provinsi Nusa Tenggara Barat karena mayoritas penduduk Desa belum memiliki MCK yang memadai, yang disebabkan karena keadaan ekonomi.

MCK yang dibangun oleh BAZNAS ini berukuran 3x3 m2 yang dibangun diatas tanah wakaf. Pada Senin, (01/11/2020) Sahabat ZCD mendampingi dan mengontrol kegiatan pembangunan MCK, yang progresnya sudah 80%. Di prediksi pembangunan akan selesai empat hari ke depan dan sudah bisa dimanfaatkan oleh masyarakat sebanyak 40 KK.

Diharapkan dengan adanya Pembangunan MCK ini, masyarakat yang belum memiliki MCK dan sudah memiliki MCK namun tidak sesuai standar layak dapat memenuhi kebutuhan primernya lebih baik lagi. Hal ini agar masyarakat dapat terhindar dari segala macam penyakit.

#ZakatCommunityDevelopment
#ZCDBAZNAS
#LekasPulihIndonesia
#SemestaKebajikanZakat


Terkait