Dongeng merupakan bentuk karya sastra yang banyak digemari oleh anak-anak. Dengan media dongeng, penyampaian pesan akan mudah dipahami dan diterima. Sehingga media inilah yang digunakan sebagai salah-satu pegiat literasi untuk menyampaikan pesan-pesan kebaikan kepada masyarakat serta anak-anak. Atas dasar tersebut BAZNAS melalui lembaga Zakat Community Development (ZCD) bersinergi bersama Komunitas Kampung Dongeng Seloko Jambi dalam mengadakan literasi mendongen di Desa Dwi Karya Bakti, Kecamatan Pelepat, Kabupaten Bungo, Provinsi Jambi.

Pada Kamis (15/10/2020), Sahabat ZCD bersama 2 anggota Komunitas Kampung Dongeng Seloko Jambi memulai kegiatan literasi ini dengan sasaran partisipan anak-anak Suku Anak Dalam (SAD) dan anak-anak Dusun Pasir Putih. Sebanyak 15 anak Suku Anak Dalam dan 20 anak Dusun Pasir Putih mengikuti acara pada hari tersebut. Adapun pihak-pihak yang hadir berasal dari dalam dan luar Dusun antara lain, staf Pundi Sumatera, Polsek, TNI, PEMDES Dwi Karya Bakti, sampai kalangan media seperti Media Antara, Kompas TV, dan Mongabay.

Dalam penyampaian, literasi dongeng dikemas dengan konsep bermain sehingga anak-anak merasa kenyamanannya. Dongeng yang disampaikan menggunakan alat peraga seperti boneka tangan, diharapkan dapat mengupayakan anak-anak untuk mengenal budaya Suku Anak Dalam pada generasi sekarang. Adapun sumber materi dongeng, adalah sebuah buku baru yang di terbitkan oleh Pundi Sumatera berjudul Berkampung di Kelukup Beradat Ke Rimbo. Pada buku ini berisikan dokumentasi budaya tentang sejarah, adat, serta tradisi SAD yang penuh dengan kearifan lokal.

Dengan mengadakan literasi dongeng ini, diharapkan dapat memberikan hiburan serta mendidik anak-anak secara tidak langsung untuk mengenal budaya lokal setempatnya. Serta dapat menerik kebiasan anak-anak untuk menumbuhkan budaya membaca saat mereka semakin tertarik dengan dongeng tersebut.

#ZakatCommunityDevelopment
#ZCDBAZNAS
#LekasPulihIndonesia
#SemestaKebajikanZakat


Terkait