Program pemberdayaan yang diusung Lembaga Zakat Community Development (ZCD) BAZNAS tidak hanya pada aspek ekonomi, namun juga mencakup aspek pendidikan. Seperti halnya di Dusun Batu Santek, Desa Sambik Elen, Kecamatan Bayan, Kabupaten Lombok Utara, NTB terdapat PAUD ADEK yang fasilitas dan kegiatannya disupport oleh program Zakat Community Development.

Senin (27/10/2020), aktivitas belajar mengajar anak didik PAUD ADEK adalah pembelajaran lingkungan sekitar. Dalam kegiatan ini orang tua peserta didik juga turut dilibatkan untuk membantu peserta anak-anaknya mengenal hewan.

Guru-guru dan orang tua aktif untuk mengenalkan setiap hewan yang ada di lingkungan sekolah, seperti, kucing, ayam, burung dan anjing. Selain itu, anak-anak juga diajak untuk menggambar binatang yang telah ditemukan di lingkungan sekitar. Adapun tujuannya untuk mengasah keterampilan anak-anak dalam menggambar dan mengenal binatang.

Kegiatan proses belajar mengajar di PAUD ADEK dimulai sejak pukul 08.00 hingga 10.00 WIB. Adapun jumlah peserta didik di PAUD ini sejumlah 25 orang yang dibagi menjadi dua kelas, yakni kelas A dan kelas B. Di kelas A terdiri dari anak-anak dengan umur 2-3 tahun sejumlah 15 orang anak.

Sedangkan di kelas B terdiri dari anak-anak berumur 3-4 tahun. Pembagian kelas ini dimaksudkan untuk memudahkan cara pembelajaran, karena metode pembelajaran yang disampaikan berdasarkan perbedaan umur.

Selanjutnya, akan dilakukan peningkatan keaktifan peserta didik dengan pembelajaran di luar kelas, meningkatkan peran orang tua dalam ikut serta mendidik anak, dan akan dilakukan rapat evaluasi bersama orang tua siswa dan pengelola PAUD ADEK.

#ZakatCommunityDevelopment
#ZCDBAZNAS
#LekasPulihIndonesia
#SemestaKebajikanZakat


Terkait