Kambing yang gemuk dan sehat pastilah diidamkan oleh banyak peternak, karena kambing yang gemuk dan sehat tentu harganya lebih tinggi di pasaran. Namun, permasalahan yang kerap ditemukan di desa adalah masih banyaknya peternak kambing yang memberi pakan seadanya atau hanya sekadar rumput saja. Hal tersebut tentunya juga berpengaruh terhadap pertumbuhan hewan ternak yang kurang maksimal.

Melihat kondisi tersebut, pada Minggu (25/10/2020), BAZNAS melalui Lembaga Zakat Community Development, bersama dengan Mitra Rumah Pijoengan menggelar pelatihan pembuatan pakan fermentasi yang diikuti oleh kelompok peternak mustahik Desa Srimartani, Kecamatan Piyungan, Kabupaten Bantul, Provinsi D.I Yogyakarta.

Kegiatan yang digelar di Rumah Pintar Pijoengan ini merupakan tindak lanjut dari kebutuhan anggota kelompok ternak kambing Ngudi Barokah dan peternak Desa Srimartani. Dengan total peserta 20 peternak, 2 orang tim Rumah Pintar Pijoengan, dan Fajrul Islamy seorang pakar ternak. Selama ini, banyak peternak yang mengalami keterbatasan dalam memasok pakan karena sedikitnya lahan yang dimiliki untuk mencari rumput.

Selain itu, keterbatasan waktu dalam mencari rumput pun menjadi kendala lantaran selain beternak, mustahik juga sibuk bekerja menjadi buruh bangunan demi memenuhi kebutuhan hidup keluarga. diharapkan setelah pelatihan mampu membuat pakan fermentasi secara mandiri agar stok pakan ternak menjadi lebih banyak, dan produktivitas peternak lebih baik lagi.

pelatihan berjalan dengan baik sesuai protokol kesehatan dan para peserta nampak begitu antusias dalam mengikuti setiap sesi baik teori maupun praktiknya.

#ZakatCommunityDevelopment

#ZCDBAZNAS

#LekasPulihIndonesia

#SemestaKebajikanZakat


Terkait