Saat ini di Indonesia masih terus mengalami kenaikan jumlah penderita positif Covid-19. Sehingga pemerintah berupaya untuk  menerapkan kebijakan kerja dari rumah atau work from home, pembatasan jarak sosial atau social distancing,  hingga pembatasan social skala besar (PSBB). Jauh sebelum pemerintah menghimbau, ternyata Komunitas Suku Anak Dalam (SAD) Jambi sudah melakukan hal tersebut sejak zaman dahulu, mereka menyebutnya dengan besesandingon.

Jika dahulu besesandingon dilakukan hingga berbulan-bulan, namun sekarang setelah mendapatkan kegiatan pendampingan dari Badan Amil Zakat Nasional (BAZNAS) melalui Lembaga Zakat Community Development (ZCD), besesandingon hanya berlangsung dalam beberapa minggu saja. Salah satu anggota keluarga tetap ada yang pulang ke rumah untuk memantau kondisi pemukiman dan memastikan situasi. Jika sudah aman Komunitas Suku Anak Dalam dapat kembali pulang ke rumah masing-masing.

Pada Selasa, (20/10/2020) Sahabat ZCD mengunjungi komunitas Suku Anak Dalam yang sedang besesandingon di Desa Dwi Karya Bakti, Kecamatan Pelepat, Kabupaten Bungo, Provinsi Jambi. Mustahik yang ditemui oleh sahabat ZCD dalam keadaan sehat dan sedang melakukan aktivitas bertani di sekitar pondok dan juga ada menanam bibit sawi di ladangnya.

Kunjungan ini dimanfaatkan Sahabat ZCD untuk memberikan edukasi terkait cara penyebaran virus Covid-19 dan juga menghimbau komunitas Suku Anak Dalam untuk tetap menjaga imunitas tubuh, menjaga kebersihan, dan mematuhi protokol Kesehatan jika berinteraksi dengan pihak luar yang tidak dikenal.

Besesandingon, merupakan tradisi orang rimba yang terbukti ratusan tahun menjadi cara jitu dalam menghadapi wabah atau penyakit berbahaya yang dapat menyebar luas.  Dalam menjalankan tradisi besesandingon, orang rimba masuk jauh ke pedalaman hutan, melarang orang asing berkunjung, dan tidak pergi ke lembah untuk bertemu dengan orang luar. Jika ada warga yang demam disertai batuk, mereka akan langsung diasingkan oleh kelompoknya dengan membuat sudong terpisah. Adapun anggota keluarga yang sakit tetap dirawat namun dengan jarak aman 10-15 meter (besesulangon).

#ZakatCommunityDevelopment

#ZCDBAZNAS

#LekasPulihIndonesia

#SemestaKebajikanZakat


Terkait