Program pemberdayaan Zakat Community Development BAZNAS di Desa Kaburu, Kecamatan Bontomanai, Kabupaten Kepulauan Selayar, Sulawesi Selatan menerima kunjungan dari peserta pelatihan kewirausahaan, Pasmo membangun pada Jum'at (23/10/2020) dan Sabtu (24/10/2020). Pada kesempatan ini, Sahabat ZCD melakukan rapat koordinasi dengan mahasiswa KKN Universitas Negeri Makassar (UNM), salah satu Kampus Negeri di Makassar. Rapat ini juga dilakukan bersama remaja Masjid Kaburu untuk mempersiapkan kegiatan Latihan Dasar Kepemimpinan (LDK) bagi para pemuda di Desa Kaburu.

Kegiatan LDK ini diadakan untuk mempersiapkan kader-kader lokal sebagai agen perubahan yang diharapkan dapat melanjutkan kegiatan-kegiatan pemberdayaan yang selama ini diemban oleh Sahabat ZCD. Kegiatan ini diawali dengan, Sahabat ZCD memberikan penjelasan mengenai rutinitas kegiatan yang dijalani mustahik dan produk-produk hasil pemberdayaan dari mustahik binaan ZCD BAZNAS bersama Yayasan Econatural sebagai mitra.

Dalam kegiatan ini, juga dihasilkan beberapa keputusan terkait teknis kegiatan berupa pemilihan materi yang akan disampaikan, kesepakatan waktu dan juga pemateri yang akan turut mengisi kegiatan LDK. Hal ini menjadi wadah positif bagi mustahik, dimana produk mereka akan turut lebih dikenal dan saling berbagi ilmu dan pengalaman kepada para peserta pelatihan untuk saling meningkatkan spirit berwirausaha.

Kegiatan LDK ini sendiri, nantinya akan dilakukan di lokasi Posko KKN UNM Desa Kaburu dan juga di rumah produksi Kelompok Tanadoang. Selain dihadiri Sahabat ZCD, hadir juga Tim Econatural yang menjadi mitra pendamping bagi kegiatan BAZNAS di Desa Kaburu. Semoga dengan kolaborasi ini, kegiatan di masyarakat dapat terus mensinergikan dalam upaya mengkampanyekan bagaimana BAZNAS telah melakukan upaya-upaya dalam pengentasan  kemiskinan.

#ZakatCommunityDevelopment

#ZCDBAZNAS

#LekasPulihIndonesia

#SemestaKebajikanZakat


Terkait