BAZNAS mengajak anak-anak pesisir dalam mengenal lebih dalam tentang Bahasa Inggris melalui pengajaran yang menyenangkan dan ringan dalam tema English for Children pada Selasa (13/10/2020). Kegiatan ini dilakukan di Desa Bira, Kecamatan Bontobahari, Kabupaten Bulukumba, Sulawesi Selatan. Dalam kegiatan ini, anak-anak belajar tentang how to offer and bargain. 

Kegiatan dilakukan pada sore hari, mengingat waktu sore adalah waktu yang relatif lowong bagi mereka sehingga aktivitas yang dilakukan mendapat respon yang baik dari para orang tua. Kegiatan dimulai dengan masing-masing anak untuk saling memperkenalkan diri. Dalam tahap ini anak-anak diajak untuk membuat percakapan singkat dan ringan, untuk kemudian memilih pasangannya secara acak.

Kemudian, mereka saling berpasangan untuk mempraktekkan percakapan yang telah dibuat bersama.

Dari kegiatan tersebut, anak-anak mempraktekkan berbagai model percakapan, semisal bagaimana ketika mereka berjualan untuk membantu orang tua menawarkan dagangannya kepada turis mancanegara. Seperti diketahui, Desa Bira ini sendiri adalah desa wisata dan menjadi tujuan utama wisata di Sulawesi Selatan karena panoramanya yang indah, memiliki pasir putih yang bersih serta biru air laut yang jernih.

Dengan lingkungan wisata yang baik seperti itu, anak-anak memiliki potensi untuk dapat bertukar informasi dengan para turis mancanegara nantinya. Tahap awal yang dapat dilakukan adalah minimal mereka dapat menemani orang tuanya saat bertransaksi dengan turis asing.

Proses kegiatan ini memang tidak cukup dilakukan sekali saja, namun langkah ini menjadi awal yang baik untuk semakin memacu minat anak-anak pesisir di daerah wisata dalam mengenal bahasa asing untuk kepentingan komunikasi. Dengan hadirnya ZCD dalam aspek pendidikan ini, mengawali sebuah jalan panjang bagi anak-anak untuk berdaya secara intelektual di masa yang akan datang.

 

#ZakatCommunityDevelopment

#ZCDBAZNAS

#LekasPulihIndonesia

#SemestaKebajikanZakat


Terkait