Hampir semua pelaku usaha kecil dan menengah terpukul akibat adanya pandemi Covid-19. Dalam kondisi ini para pelaku usaha harus melakukan berbagai strategi agar usahanya tetap berjalan. Dalam hal ini, Zakat Community Development BAZNAS yang melakukan program pemberdayaan kepada para mustahik di salah satu lokasi Kampung Zakat, yakni Desa Langko, Kecamatan Lingsar, Kabupaten Lombok Barat, NTB mencoba melebarkan sayap pemasaran produk olahan mustahik.

Jum’at (23/10/2020), produk gula semut atau gula aren olahan mustahik, perdana diperjualbelikan di Koperasi Kantor Gubernur NTB yang berlokasi di Kota Mataram. Sebagai awalannya, produk yang diantarkan sebanyak 20 pieces dengan netto 250gr, dimana mustahik menjual setiap piecenya dengan harga Rp20.000,00.

Adapun untuk sistem yang diberlakukan adalah sistem konsinyasi, dimana mustahik sebagai konsinyor menitipkan produk untuk dijual kepada konsinyi atau pemilik toko. Produk-produk yang sudah terjual nantinya akan dibayar sesuai jadwal yang disepakati. Dalam hal ini, Sahabat ZCD sebagai pendamping program juga menjaga komunikasi dengan pihak penjaga koperasi, untuk mengetahui kondisi penjualan produk, seperti memeriksa ketersediaan stock, komunikasi hasil penjualan, dan lainnya.

Kerjasama ini bisa terbentuk, bermula dari Sahabat ZCD yang mendapatkan informasi dan mencoba untuk menawarkan produk mustahik ke Koperasi Kantor Gubernur NTB. Sebelum produk resmi dijajakan, Sahabat ZCD hanya mempromosikan produk melalui media sosial. Setelah selang beberapa hari, pihak koperasi menghubungi untuk membawakan produk gula semut milik mustahik ke koperasi.

Produk gula semut ini diproduksi oleh Kelompok Longserang Berkah yang beranggotakan 12 orang mustahik. Selain itu, program Zakat Community Development juga hadir untuk merangkul mustahik yang memiliki skill dalam membuat kerajinan anyaman ketak dengan membentuk Kelompok Mawar dan Kelompok Pade Seneng yang masing-masing beranggotakan 10 dan 20 mustahik.

Perluasan pasar dengan menjalin kerjasama bersama berbagai pihak menjadi penting, terlebih saat pandemi Covid-19 seperti ini. Dengan adanya perluasan pemasaran produk mustahik melalui koperasi ini, diharapkan geliat dan semangat mustahik tetap terjaga dalam mengembangkan usahanya untuk mendapatkan kehidupan yang lebih sejahtera.

#ZakatCommunityDevelopment

#ZCDBAZNAS

#LekasPulihIndonesia

#SemestaKebajikanZakat

 

 


Terkait