Peningkatan kapasitas pelaku usaha, baik pengetahuan maupun keterampilan dalam menjaga keberlangsungan usaha sangat diperlukan, termasuk mustahik binaan Lembaga Program Zakat Community Development BAZNAS dalam program pemberdayaan. Mustahik binaan Zakat Community Development BAZNAS yang tergabung dalam Kelompok Silongalas di Desa Gumantar, Kayangan, Lombok Utara, NTB, mengikuti kegiatan Diklat Kewirausahaan di bidang kemasan produk Se-Nusa Tenggara Barat Angkatan I yang digelar oleh Dinas Koperasi UKM NTB selama lima hari, mulai Senin (19/10/2020) hingga  Jumat (23/10/2020). 

Dua orang mustahik dari perwakilan Kelompok Silongalas mengikuti kegiatan yang berlangsung di Balai Pendidikan dan Latihan Koperasi dan UKM Nusa Tenggara Barat.

Tujuan kegiatan yang melibatkan mustahik binaan ini dilakukan untuk menguatkan kemampuan dan keterampilan mustahik, meningkatkan kualitas produk dengan kemasan yang menarik sehingga dapat meningkatkan semangat berwirausaha, dan meningkatkan produktifitas usaha untuk dapat bersaing di pasaran.

Pada masa pandemi Covid-19 ini para pelaku Usaha Kecil dan Menengah (UKM), seperti juga usaha kelompok mustahik diharuskan untuk lebih kreatif dan inovatif sehingga mampu menarik minat konsumen yang mensyaratkan banyak hal pada produk yang diminati, termasuk kemasan produk.  Pelatihan ini memberikan materi tentang kemasan produk yang baik, label produk, etika berbisnis, hingga praktek membuat kemasan.

Kedua perwakilan mustahik sangat antusias dan bersemangat mengikuti seluruh materi yang selama acara berlangsung tetap menerapkan protokol Covid-19, yaitu menjaga jarak, menggunakan masker, dan mencuci tangan dengan sabun atau menggunakan handsanitizer. Kelompok Silongalas binaan Zakat Community Development BAZNAS ini telah memproduksi berbagai aneka snack seperti stik daun kelor, stik kue bawang, dan stik buah naga yang rata-rata dijual dengan harga Rp10.000,00/pieces.

Keikutsertaan mustahik dalam pelatihan ini akan dilanjutkan dengan penguatan pada latihan dan merangsang kreativitas untuk meningkatkan produktifitas, kualitas, dan kemasan produk sehingga mampu bertumbuh menjadi UKM yang kuat dan dapat meningkatkan daya saing.

#ZakatCommunityDevelopment

#LekasPulihIndonesia

#SemestaKebajikanZakat


Terkait