Tim program integrasi Desa Cemplang mengunjungi Museum Pasir Angin yang bertempat di Kampung Pasir Angin, Desa Cemplang, Cibungbulang, Bogor, Jawa Barat, Selasa (20/10/2020). Museum ini sangat potensial untuk dikembangkan menjadi salah satu bagian dari destinasi wisata dalam titik integrasi agroeduwisata.

Adapun lembaga program BAZNAS RI yang terlibat dalam program integrasi di Desa Cemplang adalah Sekolah Cendekia BAZNAS, Zakat Community Development & Lembaga Pemberdayaan Ekonomi Mustahik.

Museum Pasir Angin menyimpan peninggalan prasejarah hingga perang dunia kedua. Dimana pada zaman prasejarah, lokasi tersebut merupakan tempat diadakannya ritual. Hal itu dibuktikan dengan ditemukannya banyak arca, perkakas, menhir & pecahan tembikar, yang diyakini sebagai artefak zaman megalitikum & neolitikum (sebelum masehi).

Sedangkan pada zaman perang dunia kedua, lokasi ini (dimana museum berdiri), merupakan lokasi pertahanan tentara sekutu (Australia) dari serbuan Jepang, tahun 1942. Kejadian tersebut dikenal sebagai "Battle of Leuwiliang".

Selanjutnya, akan diagendakan audiensi dengan Dinas Pendidikan dan Kebudayaan Kabupaten Bogor untuk mengulas lebih lanjut terkait potensi wisata dari museum ini.

#ZakatCommunityDevelopment

#ZCDBAZNAS

#LekasPulihIndonesia

#SemestaKebajikanZakat


Terkait