Keberadaan pendamping mustahik dengan sikap loyal bekerja dan berprestasi merupakan asset yang berharga bagi salah satu Lembaga Program BAZNAS seperti Zakat Community Development (ZCD). Dalam aktivitasnya, Lembaga Zakat Community Development BAZNAS mengangkat fasilitator pendamping mustahik dengan sebutan Sahabat ZCD. Dengan memberikan apresiasi terhadap kinerja Sahabat yang produktif dan solutif, diharapkan dapat memotivasi Sahabat lainnya untuk terus membangun semangat mustahik manjadi lebih berdaya.

Pada Jumat (9/10/2020), lembaga Zakat Community Development BAZNAS mengadakan acara penghargaan untuk para pendamping berprestasi dengan tema “Sahabat ZCD Award 2020”. Sahabat ZCD Award diadakan pada hari terakhir Pelatihan Sahabat ZCD via virtual. Pada acara ini diambil sembilan nominasi terbaik dengan beberapa indikator penilaian.

Indikator untuk Kategori Laporan Terbaik yaitu ketepatan waktu pengiriman, kelengkapan isi laporan, serta tersampaikannya laporan mustahik setiap bulan. Kategori Capaian IKK Terbaik dengan indikator terbentuknya kelompok mustahik bersama legalitasnya, terciptanya produk unggulan mustahik, serta dapat menjalin kerjasama dengan stakeholder. Kategori Terpopuler dengan indikator aktif dalam melaporkan kegiatan, serta banyaknya laporan yang diangkat pada web dan berita. Kategori Branding Desa Terbaik dengan indikator mempunyai inovasi pengembangan program, serta berhasil membawa desa menjadi terkenal dengan ciri khasnya.

Sedangkan, kategori Pengembangan Diri Terbaik dengan indikator memiliki kemauan dan kemampuan untuk meningkatkan pengetahuan dan keterampilan diri serta dapat mengembangkan kekuatan dan bakat pemberdayaan dengan aktif. Kategori Peserta Terbaik dengan indikator mempunyai antusiasme dan dapat memahami materi pelatihan yang disampaikan. Kategori Pakaian Adat Terbaik indikator seperti mempunyai nilai keunikan dengan ciri khas daerah. Kategori Titik Integrasi Terbaik indikatornya yaitu terjalin program yang bersinergi dengan berbagai Lembaga khususnya BAZNAS. Kategori Kampung Zakat Terbaik dengan indikator dapat menjadikan mustahik aktif dalam kegiatan pemberdayaan.

Dari sembilan nominasi tersebut didapatkan pemenang dari berbagai wilayah, diantaranya adalah Rifatul Mahfuzah Sahabat ZCD Desa Beting sebagai pemenang Kategori Pelaporan Terbaik, Muhammad Yusran Sahabat ZCD Desa Benteng Utara sebagai pemenang Kategori Capaian IKK Terbaik, Rodiah Sahabat ZCD Kota Sukabumi sebagai pemenang Kategori Terpopuler, Eki Rianti dan Zulpahmi Sahabat ZCD Lubuk Bangkar sebagai pemenang Kategori Branding Desa Terbaik, Kenapi Sahabat ZCD Pegat Batumbuk sebagai pemenang Kategori Pengembangan Diri Terbaik, Sahabat ZCD Kota Tarakan sebagai pemenang Kategori Peserta Pelatihan Terbaik, Jamaludin Illu Sahabat ZCD NTT sebagai pemenang Kategori Pakaian Adat Terbaik, Desa Bedono sebagai pemenang Kategori Titik Integrasi Terbaik, dan Desa Kahayya sebagai pemenang Kategori Kampung Zakat Terbaik.

Kepala Lembaga Zakat Community Development BAZNAS, Tatiek Kancaniati menyatakan harapannya atas kegiatan Pelatihan dan ajang penghargaan Sahabat Award.

“Dengan adanya training Sahabat ZCD 2020 ini diharapkan para Sahabat memiliki pemahaman yang sama akan tugasnya dalam pengembangan masyarakat di Desanya masing-masing serta terus semangat menemukan potensi yang bisa dikembangkan sehingga dapat mengatasi permasalahan yang ada. Selain itu moment kebersamaan dengan Sahabat seluruh Indonesia menjadi ajang silaturahim dan saling menguatkan, karena semua Sahabat bisa belajar dari keberhasilan program desa yang lain. Serta pemberian award setiap tahun ini juga sebagai upaya bentuk apresiasi kepada kinerja Sahabat ZCD yang baik agar terus bisa dipertahankan dan menjadi inspirasi kebaikan bagi semua pendamping”, tutupnya.

#ZakatCommunityDevelopment
#ZCDBAZNAS
#LekasPulihIndonesia
#SemestaKebajikanZakat


Terkait