Badan Amil Zakat Nasional (BAZNAS) melalui Program Zakat Community Development (ZCD) di Kampung Nurdin, Desa Lembur Barat berhasil membuat mustahik binaanya menjadi lebih mendalami tentang keilmuan budidaya ternak. Hal ini ditandai dengan bertambahnya jumlah sapi ternak yang dikelola oleh mustahik. Pada Senin (5/10/2020) pukul 07.40 WITA, sapi yang dirawat oleh salah satu mustahik binaan Zakat Community Development, Hamida Maata (55thn) telah melahirkan satu ekor anak dengan jenis kelamin betina.

Dengan kelahiran anak sapi ini, memberikan rasa optimisme kepada mustahik terutama kelompok binaan Zakat Community Development BAZNAS Kampung Nurdin di Desa Lembur Barat. Proses yang tidak mudah untuk melakukan perawatan sapi ternak menjadi poin positif bagi kelompok binaan karena usaha yang telah mereka lakukan dapat memberikan hasil. Selain itu, yang lebih penting lagi adalah nilai kesabaran dan ikhtiar dalam melakukan setiap proses perawatan yang dijalani kelompok mustahik dapat diilhami dan diresapi oleh mustahik secara lebih nyata.

Dengan penambahan anak sapi ini, total sapi milik mustahik menjadi lima 15 ekor dengan 2 ekor jantan dan 13 ekor betina. Saat ini, ternak sapi milik mustahik dalam keadaan sehat meskipun sapi ini harus dirawat di rumah mustahik karena kandang umum anggota sedang dalam keadaan rusak. Sahabat ZCD dan anggota kelompok mustahik terus berupaya mengontrol agar kedepannya usaha ternak sapi ini dapat memberikan dampak ekonomi yang berkelanjutan.

Sahabat ZCD juga mendorong mustahik untuk melakukan koordinasi dengan Dinas Peternakan Kab. Alor untuk perawatan sapi. Melalui kerja sama ini, diharapkan agar kemampuan mustahik dalam melakukan perawatan dan pengetahuan tentang budidaya ternak menjadi lebih baik. Hal ini juga menekankan bahwa proses yang panjang dan kesabaran diperlukan mustahik dalam beternak.


Terkait