Badan Amil Zakat Nasional (BAZNAS) melalui salah satu lembaga programnya Zakat Community Development (ZCD) bersinergi dengan Yayasan Wakaf Energi Nusantara meluncurkan program pemberdayaan masyarakat di Desa Ndoriwoy, Kecamatan Pulau Ende, Kabupaten Ende, Provinsi Nusa Tenggara Timur (NTT), Sabtu (14/3/2020).

Bertajuk “Pemberdayaan Desa Nelayan”, pelaksanaan pogram ini diwujudkan dalam bentuk pemberian bantuan modal, pemberian alat produksi, serta pendampingan untuk para mustahik dalam menjalankan usahanya.

Diluncurkan secara simbolis, hadir dalam kegiatan tersebut Sekretaris BAZNAS, Jaja Jaelani, Ketua BAZNAS Provinsi NTT, Ismail Kasang, Ketua BAZNAS Kabupaten Ende, H. Abdullah Aroeboesman, Bupati Ende, Djafar H. Ahmad, Ketua Yayasan Wakaf Energi Nusantara, Irvan Hermala, Camat Pulau Ende, Nurdin, Kepala Desa Ndoriwoy, Rasyid Kuri, tokoh masyarakat serta 69 anggota kelompok program ZCD.

Jaja menjelaskan Program Pemberdayaan Desa Nelayan yang dijalankan adalah berbasis komunitas yang dibagi ke dalam beberapa kelompok. BAZNAS telah melakukan pemberdayaan untuk kelompok usaha tenun ikat, kelompok nelayan dan usaha pembuatan kecap dari air kelapa yang dilakukan secara berkelanjutan dan melibatkan partisipasi masyarakat lokal.

“BAZNAS selalu aktif untuk terus menggali potensi di setiap wilayah binaan agar mampu memberikan kontribusi positif untuk masyarakat di daerah tersebut terutama para mustahik,” ucapnya.

Jaja menambahkan tak hanya di  bidang ekonomi, BAZNAS juga melakukan pemberdayaan di bidang agama lewat pengajian rutin untuk remaja dan bidang pendidikan dengan memberikan pelatihan untuk guru TPA.

“Sinergi antara BAZNAS dan Yayasan Wakaf Energi Nusantara ini akan semakin memperkuat pelaksanaan program pemberdayaan masyarakat di Ende. Melalui peran masing-masing sebagai pengawas dan eksekutor, kami berkomitmen untuk memberikan pendampingan yang terbaik demi peningkatan kesejahteraan para mustahik,” ujarnya,

Sementara itu, Ketua Yayasan Wakaf Energi Nusantara, Irvan Hermala, menyampaikan bahwa pihaknya siap mendukung program-program yang diselenggarakan oleh BAZNAS dalam hal pemberdayaan masyarakat di seluruh tanah air.

Yayasan Wakaf Energi Nusantara memiliki berbagai macam portofolio program pengembangan masyarakat dan pemberdayaan ekonomi, salah satunya yang sudah cukup terkenal adalah Program Berbagi Listrik.

"Kami akan selalu berkomitmen melakukan empowerment terhadap kaum dhu'afa yang selama ini hidup dalam kondisi tertinggal,” jelasnya.

Saat ini, di Desa Ndoriwoy telah terbentuk tiga kelompok dalam bidang ekonomi dengan tiga jenis usaha yang berbeda. Kelompok tersebut diantaranya Kelompok Maju Berkah yang melakukan usaha kecap manis kelapa dengan anggota sebanyak 15 Kepala Keluarga (KK), Kelompok Ndoriwoy Jaya yang terjun dalam usaha pemberdayaan nelayan dengan anggota sebanyak 24 KK, dan Kelompok Tunas Harapan dengan jenis usaha tenun ikat dengan anggota sebanyak 30 KK.

Diharapkan dengan kehadiran ZCD melalui program pemberdayaan masyarakat di desa Ndoriwoy ini dapat membawa perubahan positif dari segi ekonomi, sosial, agama dan pendidikan sehingga mereka yang masuk dalam kategori mustahik dapat menjadi para muzaki dengan kualitas kehidupan yang lebih baik.

Tentang BAZNAS

BAZNAS adalah badan pengelola zakat yang dibentuk pemerintah melalui Keputusan Presiden (Kepres) No 8/2001. BAZNAS bertugas menghimpun dan menyalurkan Zakat Infak dan Sedekah pada tingkat nasional. Lahirnya UU No 23/2011 tentang Pengelolaan Zakat, mengukuhkan peran BAZNAS sebagai lembaga yang berwenang melakukan pengelolaan zakat nasional. BAZNAS sudah berdiri di 515 daerah (tingkat Provinsi dan Kabupaten/ Kota).


Terkait

  • Lainnya

  • Bayar Zakat

DAFTAR REKENING ZAKAT BAZNAS

BRI Syariah 1000783214
BNI Syariah 0095555554
Bank Muamalat 3010070753
BSM 7001325498
BCA 6860148755
Bank Mandiri 0700001855555
CIMB Niaga Syariah 860000148800
Bank Mega Syariah 1000015559

an. BAZNAS

Untuk informasi daftar rekening lainnya, silahkan klik baznas.go.id/rekening

Atau melalui layanan zakat digital BAZNAS
1⃣ Website : baznas.go.id/bayarzakat
2⃣ Kitabisa : kitabisa.com/baznas
3⃣ Tokopedia : bit.ly/zakat-tokopedia
4⃣ Bukalapak : bit.ly/zakat-bukalapak
5⃣ Shopee : bit.ly/shopee-baznas

Konfirmasikan bukti transfer zakat dan infak Anda melalui:

Contact Centre BAZNAS
Whatsapp: +6287877373555
Telf: +62 21- 3904555
Email: layananmuzaki@baznas.or.id

Atau klik link :
bit.ly/KonfirmasiZakatBAZNAS

#ZakatTumbuhBermanfaat
http://baznas.go.id