Kota Bengkulu merupakan Ibu Kota Provinsi Bengkulu yang memiliki predikat sebagai Kota Sustainable Development Goals (SDGs) pertama di Indonesia. Kota SDGs adalah kota yang berkomitmen untuk menerapkan 17 tujuan pembangunan berkelanjutan dalam praktek kehidupannya.  

Terkait hal ini pihak pemerintah kota Bengkulu mengadakan workshop mitra pendukung program Kota SDGs yang digelar di Kantor BAZNAS Provinsi Bengkulu di Padang Harapan Kota Bengkulu. Dalam kegiatan ini dihadiri oleh Asisten I Pemkot Bengkulu, Drs. H. Buyung HR. MM sebagai perwakilan dari Walikota yang tak dapat hadir.

Buyung HR. MM dalam laporannya menyampaikan apresiasinya kepada seluruh stakeholder dalam mewujudkan Kota Bengkulu sebagai kota SDGs.

"Pada kesempatan yang berbahagia kali ini atas nama Pemerintah Kota Bengkulu, kami mengapresiasi atas kerjasama seluruh pemangku kepentingan atau stakeholder dalam mewujudkan Kota Bengkulu sebagai Kota SDGs. Semoga dengan partisipasinya ini menjadi ibadah di sisi Allah SWT,”ujarnya.

Beberapa Lembaga hadir dalam workshop tersebut, yakni BAZNAS Provinsi Bengkulu, BAZNAS Kota Bengkulu, LAZIS MU Bengkulu, LAZIS NU Bengkulu, PKPU Bengkulu, IZI Bengkulu, BMH Bengkulu, Yakesma Bengkulu, SDGs Center Universitas Bengkulu, Fakultas Ekonomi Bisnis IAIN Bengkulu, KOTAKU Bengkulu, DPRD Kota Bengkulu, Lurah Sumber Jaya, Bappeda Kota Bengkulu, Bappeda Provinsi Bengkulu, Yayasan Alfida Bengkulu, Perhimpunan Filantropi Indonesia, WCC Bengkulu dan LKM Sumber Jaya.

Turut hadir juga Kepala Lembaga ZCD BAZNAS, Tatiek kancaniati. Tatiek mengatakan bahwa Kelurahan Sumber Jaya merupakan salah satu titik ZCD BAZNAS di kota Bengkulu yang bisa dijadikan sebagai pilot project sebagai percontohan untuk kegiatan pemberdayaan.

“Selama 1 tahun ini, ZCD BAZNAS telah melakukan pemberdayaan masyarakat melalui program pengelolaan sampah menjadi biji plastik serta membantu para pelaku usaha kecil menengah (UKM) untuk memiliki gerai berdagang dan dapat mengemas produk dengan lebih baik. Selain itu juga memberikan dorongan dari sisi spiritual melalui dai-dai yang akan membangun kesadaran dalam pelestarian lingkungan agar masyarakat dapat cepat menyesuaikan diri dengan tujuan-tujuan SDGs,” jelas Tatiek.

Workshop ini  dilakukan dengan beberapa agenda, seperti melakukan sinergi dan review program SDGs kota Bengkulu dalam  upaya menciptakan kolaborasi kinerja dari  berbagai lembaga dalam menciptakan program yang berkelanjutan serta penajaman dan sinkronisasi program dengan Rencana Aksi Daerah (RAD) SDGs.

Adapun beberapa hasil diskusi dari workshop ini, yaitu mendorong adanya RAD Kota Bengkulu, kolaborasi SDGs berorientasi untuk meminimalisir kawasan kumuh dan kemiskinan, agenda untuk peningkatan kapasitas dalam mengaitkan dan mensinkronisasi program-program yang dilakukan pendukung Kota SDGs dengan RAD SDGs), dan ditunjuknya vocal point yang akan membantu untuk melakukan komunikasi, koordinasi dan sinergi yaitu IAIN Bengkulu, UPZ Pemkot dan KOTAKU.

Sebagaimana diketahui, pada Bulan November 2018 BAZNAS, Filantropi Indonesia, Kotaku dan beberapa Lembaga Amil Zakat (LAZ) serta perguruan tinggi di Bengkulu sudah meluncurkan Program Kota SDG’s. Program kolaborasi ini bertujuan mengatasi kemiskinan dan kekumuhan di wilayah kota. Setiap lembaga yang bekerjasama dalam program ini, termasuk BAZNAS, bahu membahu mendorong pengembangan sektor perekonomian, pendidikan, kesehatan, dan kemanusiaan yang selaras dengan dari poin-poin tujuan SDGs.

Melalui kemitraan ini, diharapkan persoalan perkotaan Bengkulu bisa diatasi secara bersama dan dapat berlanjut ke kelurahan yang lain di Kota Bengkulu sesuai dengan kebutuhan dan potensi daerah setempat.


Terkait

  • Lainnya

  • Bayar Zakat

DAFTAR REKENING ZAKAT BAZNAS

BRI Syariah 1000783214
BNI Syariah 0095555554
Bank Muamalat 3010070753
BSM 7001325498
BCA 6860148755
Bank Mandiri 0700001855555
CIMB Niaga Syariah 860000148800
Bank Mega Syariah 1000015559

an. BAZNAS

Untuk informasi daftar rekening lainnya, silahkan klik baznas.go.id/rekening

Atau melalui layanan zakat digital BAZNAS
1⃣ Website : baznas.go.id/bayarzakat
2⃣ Kitabisa : kitabisa.com/baznas
3⃣ Tokopedia : bit.ly/zakat-tokopedia
4⃣ Bukalapak : bit.ly/zakat-bukalapak
5⃣ Shopee : bit.ly/shopee-baznas

Konfirmasikan bukti transfer zakat dan infak Anda melalui:

Contact Centre BAZNAS
Whatsapp: +6287877373555
Telf: +62 21- 3904555
Email: [email protected]

Atau klik link :
bit.ly/KonfirmasiZakatBAZNAS

#ZakatTumbuhBermanfaat
http://baznas.go.id