Badan Amil Zakat Nasional (BAZNAS) Provinsi Jawa Barat dan BAZNAS Kota Bandung bersinergi mengembangkan program pemberdayaan mustahik terdampak pandemi yang diwujudkan dengan program Dapur Kuliner Nusantara (DKN).

Dapur Kuliner Nusantara (DKN) adalah program BAZNAS untuk penguatan para mustahik pelaku usaha mikro yang bergerak di sektor kuliner melalui stimulus pembelian paket makanan yang kemudian makanan ini disalurkan kepada masyarakat yang membutuhkan.

Pada program DKN BAZNAS 3 - 7 Desember 2021 lalu, dilakukan penyaluran sebanyak 3.000 paket makanan dari 15 warung nasi yang dikelola oleh mustahik dan kemudian disalurkan kepada 15 pondok pesantren dan panti asuhan selama empat hari pelaksanaan program DKN di Bandung.

Pekerja rentan dilibatkan sebagai relawan dalam skema Cash for Work (CFW). Di mana dalam skema CFW ini, relawan yang terlibat dalam proses DKN diberikan uang tunai sebagai pengganti jasa yang telah diberikan. Hal ini dilakukan untuk menambah pendapatan relawan yang saat ini mengalami penurunan akibat Covid-19.

Seluruh rangkaian proses pelaksanaan dilakukan dengan tetap mematuhi protokol kesehatan seperti penggunaan masker dan tidak menimbulkan kerumunan, selain itu tenaga-tenaga yang dilibatkan mulai dari mitra produksi, relawan CFW, dan seluruh tim yang bertugas juga memenuhi asesmen kesehatan sebelum menjalankan kegiatan program.

Terkait