Badan Amil Zakat Nasional (BAZNAS) melalui sinergi bersama dengan BAZNAS Kabupaten Blora memberdayakan pelaku usaha mikro yang bergerak di sektor kuliner sebagai mitra produksi dalam program Dapur Kuliner Nusantara (DKN) pada 2-3 Desember 2021. Program DKN ini melibatkan warung makan yang omzetnya sehari-hari terdampak pandemi, untuk memproduksi paket makanan yang nantinya akan didistribusikan kepada penerima manfaat yang membutuhkan.
 
Sebanyak 10 warung makan di wilayah Blora dilibatkan untuk memproduksi 2.000 porsi hidangan kepada 2.000 penerima manfaat yang tersebar di lima pondok pesantren. Sebagian besar warung yang dilibatkan sebagai mitra produksi, rata-rata mengalami penurunan omzet hingga 50 persen dibandingkan sebelum masa pandemi.

Harapannya, kegiatan produksi dan distribusi hidangan DKN ini, dapat meningkatkan omzet dan menguatkan para pelaku usaha mikro yang bergerak di sektor makanan/kuliner melalui stimulus pembelian paket makanan.

Dapur Kuliner Nusantara (DKN) merupakan program pendayagunaan BAZNAS untuk penguatan para pelaku usaha mikro yang bergerak di sektor makanan/kuliner melalui stimulus pembelian paket makanan dalam jumlah tertentu. Nantinya didistribusikan kepada para terdampak COVID-19, baik personal maupun kelompok atau lembaga. Distribusi paket makanan yang dimaksud, dilakukan kepada masyarakat terdampak COVID-19, antara lain pasien isoman, tenaga kesehatan (nakes), masyarakat rentan, para santri pondok pesantren, dan masyarakat lainnya yang terdampak.

#BAZNAS
#PilihanPertamaPembayarZakat
#LembagaUtamaMenyejahterakanUmmat
#BAZNASMicrofinance

Terkait