Badan Amil Zakat Nasional (BAZNAS) memberikan panduan manajemen keuangan mustahik yang terdampak pandemi Covid-19 melalui acara yang dinisiasi oleh BAZNAS Microfinance (BMFi), yakni Microfinance Online Class (MOC) edisi ke-3 di tahun 2021.

Kegiatan MOC ini memberikan fokus perhatian kepada aspek ekonomi masyarakat, khususnya mikro, seiring meluasnya dampak pandemi tersebut dalam kehidupan masyarakat kecil.

MOC kali ini merupakan episode ke-3 pada semester 1 tahun 2021 dari 8 tema pokok bahasan yang akan dikupas dengan mengusung tema besar "Keluar dari Kemelut Covid 19".

Episode ke-3 ini membahas tentang “Cerdas Mengelola Keuangan Keluarga : Series 1". MOC disiarkan langsung di chanel youtube BAZNAS TV pada pukul 16.00-17.30 WIB.

Pemateri utama yaitu Wiwiek Wahyuningsih (Mustahik BMD Sawojajar) dan Elsa Febiola Aryanti, SE, MSCIS, MM (Islamic Financial Advisor & Educator, Writer, Online Class Tutor).

Pada pemaparannya, Wiwiek Wahyuningsih menjelaskan pengalamannya mengenai pengelolaan keuangan keluarga dan usaha.

Wiwiek menyampaikan tantangan utamanya yaitu kedisiplinan dalam memisahkan keuangan keluarga dan usaha, yang terkadang masih tercampur karena saat anak minta jajan kerap kali kita megambil uang usaha maupun untuk kebutuhan lain.

"Memisahkan keuangan keluarga dan usaha sangat penting. Hal sederhana tersebut sangat berdampak menjadi hambatan kemajuan usaha karena jadi rancu pembukuan omzet dan keuntungan bersih usaha yang dijalankan", ujar Wiwiek.

Sedangkan pemateri utama, Elsa Febiola Aryanti menyampaikan materi terkait bagaimana cara cerdas mengelola keuangan keluarga.

Menurut Elsa, selain memisahkan keuangan keluarga dan usaha, perlu juga dilakukan perencanaan pengeluaran rutin bulanan diawal bulan, agar pemasukan yang ada bisa terploting berapa persen untuk pengeluaran rutin rumah tangga, berapa persen untuk kebutuhan operasional bekerja, berapa persen untuk biaya anak sekolah dan komponen-komponen pengeluaran lainnya. Serta, jangan lupa dialokasikan juga sekian persen untuk menabung dan investasi.

"Detail jumlah presentase dalam penyusunan rencana keuangan keluarga tentunya bergantung pada kondisi masing-masing pemasukan dan tanggungan dalam keluarga. Idealnya, kita perlu mengalokasikan 50% dari gaji bulanan untuk kebutuhan pokok, 30% untuk membayar cicilan dan utang, 10% untuk ditabung dan 10% lagi untuk pegangan harian", ujar Elsa.

Microfinance Online Class merupakan salah satu kegiatan yang diinisiasi oleh BAZNAS Microfinance (BMFi) untuk memberikan edukasi kepada tim BMFi, pengelola BAZNAS Microfinance Desa, pelaku usaha mikro dan masyarakat luas dalam pengembangan berbagai pokok bahasan menarik terkait problematika pelaku usaha mikro dengan menghadirkan solusi maupun inovasi terkait pengembangan usaha mikro.

#BAZNAS
#GerakanCintaZakat
#PilihanPertamaPembayarZakat
#LembagaUtamaMenyejahterakanUmmat
#BAZNASMicrofinance
#MicrofinanceOnlineClass

Terkait

  • Lainnya

  • Bayar Zakat

DAFTAR REKENING ZAKAT BAZNAS

BRI Syariah 1000783214
BNI Syariah 0095555554
Bank Muamalat 3010070753
BSM 7001325498
BCA 6860148755
Bank Mandiri 0700001855555
CIMB Niaga Syariah 860000148800
Bank Mega Syariah 1000015559

an. BAZNAS

Untuk informasi daftar rekening lainnya, silahkan klik baznas.go.id/rekening

Atau melalui layanan zakat digital BAZNAS
1⃣ Website : baznas.go.id/bayarzakat
2⃣ Kitabisa : kitabisa.com/baznas
3⃣ Tokopedia : bit.ly/zakat-tokopedia
4⃣ Bukalapak : bit.ly/zakat-bukalapak
5⃣ Shopee : bit.ly/shopee-baznas

Konfirmasikan bukti transfer zakat dan infak Anda melalui:

Contact Centre BAZNAS
Whatsapp: +6287877373555
Telf: +62 21- 3904555
Email: [email protected]

Atau klik link :
bit.ly/KonfirmasiZakatBAZNAS

#ZakatTumbuhBermanfaat
http://baznas.go.id