Tim BAZNAS Microfinance Desa Lampaseh Kota turut berkontribusi dan bersinergi dengan pemerintah setempat dalam memajukan pelaku usaha mikro di Kecamatan Baiturrahman, Aceh.

Pada Kamis,(25/2) Tim BMD Lampaseh Kota menyosialisasikan program pembiayaan kepada para kepala desa atau yang disebut Keuchik, pengurus Badan Usaha Milik Gampong (BUMG), dan pendamping desa atau yang disebut Gampong se-kecamatan Baiturrahman. Pada kesempatan ini dilakukan pembahasan terkait efektivitas dalam memajukan UKM di Kecamatan Baiturrahman.

Dua tahun terakhir sebelum masa pandemi Covid-19, Kecamatan Baiturrahman sudah melakukan terobosan penguatan UKM dengan rutin menjalankan Baiturrahman Expo. Kegiatan ini dilakukan untuk menghimpun dan memasarkan produk-produk UKM se-Kecamatan Baiturahman dalam bentuk bazar akbar dengan melibatkan 200 UKM. Namun sejak pandemi Covid-19, kegiatan itu tidak berjalan dikarenakan penerapan protokol kesehatan.

Melihat fenomena tersebut, saat ini Camat Baiturrahman dan jajaran Keuchiknya berkomitmen untuk mempersiapkan pembentukan forum UMKM yang akan mewadahi UMKM, khususnya melakukan pendataan warga yang memiliki usaha mikro. Selain itu, forum ini juga akan menjadi jembatan koordinasi percepatan perkembangan usaha mikro di Kecamatan Baiturrahman sehingga program-program UMKM tepat sasaran.

Sebagaimana direncanakan, tahun ini BMD Lampaseh Kota akan bersinergi bersama Kecamatan Baiturrahman sebagai fokus wilayah program. BMD Lampaseh Kota berencana akan bersinergi dalam pengembangan usahanya melalui pembiayaan dan pendampingan.

"Saya selaku Camat Baiturrahman sangat menyambut baik program yang dijalankan oleh BMD ini karena ini sangat erat hubungannya dengan pengentasan kemiskinan. Kalau bukan kita selaku Keuchik atau camat yang berusaha untuk membantu warga kita sendiri keluar dari jerat kemiskinan dan riba, lalu kemana warga kita akan meminta perlindungan dan dukungan. Saya harap para Keuchik sekalian mengambil peran aktif untuk memastikan rekomendasi dan pengawasan warga yang masih tergolong mustahik pelaku usaha mikro yang dapat mengakses pembiayaan dari BMD ini. Agar program ini tepat sasaran di wilayah gampong masing-masing", ujar Camat Baiturrahman, Rizal.

Rencana tindak lanjut yang disepakati dari pertemuan tersebut adalah komitmen bersama seluruh Keuchik se-Kecamatan Baiturrahman untuk mengawal dan mengawasi agar program pembiayaan BMD dapat diterima oleh masyarakat yang tepat. Hal ini dilakukan agar dampak program ini benar-benar nyata untuk mengentaskan kemiskinan.


#BAZNASmicrofinance
#BAZNAS
#PilihanPertamaPembayarZakat
#LembagaUtamaMenyejahterakanUmat

Terkait

  • Lainnya

  • Bayar Zakat

DAFTAR REKENING ZAKAT BAZNAS

BRI Syariah 1000783214
BNI Syariah 0095555554
Bank Muamalat 3010070753
BSM 7001325498
BCA 6860148755
Bank Mandiri 0700001855555
CIMB Niaga Syariah 860000148800
Bank Mega Syariah 1000015559

an. BAZNAS

Untuk informasi daftar rekening lainnya, silahkan klik baznas.go.id/rekening

Atau melalui layanan zakat digital BAZNAS
1⃣ Website : baznas.go.id/bayarzakat
2⃣ Kitabisa : kitabisa.com/baznas
3⃣ Tokopedia : bit.ly/zakat-tokopedia
4⃣ Bukalapak : bit.ly/zakat-bukalapak
5⃣ Shopee : bit.ly/shopee-baznas

Konfirmasikan bukti transfer zakat dan infak Anda melalui:

Contact Centre BAZNAS
Whatsapp: +6287877373555
Telf: +62 21- 3904555
Email: [email protected]

Atau klik link :
bit.ly/KonfirmasiZakatBAZNAS

#ZakatTumbuhBermanfaat
http://baznas.go.id