Badan Amil Zakat Nasional (BAZNAS) terus memperluas cakupan progam untuk memberdayakan pelaku usaha mikro melaui pengembangan BAZNAS Microfinance Desa (BMD).

BMD merupakan layanan keuangan mikro yang memberi akses permodalan, pendampingan, dan fasilitasi usaha. Hingga akhir 2020, sudah ada 10 BMD yg tersebar di 8 provinsi, 9 kabupaten. Rata-rata setiap BMD melayani lima desa di sekitar titik BMD.

Wonosari, Gunungkidul, Yogyakarta merupakan salah satu wilayah yang ditetapkan BAZNAS Microfinance sebagai titik pelaksanaan program BAZNAS Micrfofinance Desa. Kehadiran BMD Yogyakarta diharapkan akan memperkuat layanan program pembiayaan kepada para pelaku usaha mikro yang berada di wilayah Gunungkidul dan sekitarnya. BMD Yogyakarta yang telah mulai beroperasi pada akhir tahun 2020 lalu, kini telah memberdayakan 80 mitra pelaku usaha mikro.

Sebagai tambahan infromasi, sebelum diinisiasinya BAZNAS Microfinance Desa Yogyakarta di Wonosari, Gunungkidul, BAZNAS Microfinance pada tahun 2017 juga telah menginisiasi program kemitraan bersama BPRS Margirizki dengan memberikan fasilitasi modal usaha kepada 1.137 KK yang tersebar di wilayah DIY. Pada tahun 2019 BAZNAS Microfinance juga kembali menjalankan program BAZNAS Microfinance dengan memfasilitasi pengembangan usaha kepada 44 orang peternak madu yang tergabung dalam kelompok Tetes Bunga Sejahtera di Pengkol, Nglipar, Gunungkidul, Yogyakarta, di mana saat ini 44 peternak madu tersebut, kini telah bergabung menjadi mitra mustahik BMD Yogyakarta untuk diberikan pendampingan lebih lanjut.

Untuk memperkuat berbagai upaya BAZNAS dalam menyejahterakan mustahik, pada Selasa (23/2) BMD Yogyakarta diresmikan langsung oleh Ketua BAZNAS RI Prof Dr KH Noor Achmad, MA, secara online. Dalam sambutannya Noor Achmad menyampaikan bahwa kehadiran BMD Yogyakarta di Gunungkidul diharapkan mampu menjadi mitra strategis bagi pengusaha kecil yang ingin berusaha tetapi terkendala masalah permodalan, sehingga hadirnya BMD akan bisa menumbuhkan banyak pengusaha yang dari bawah.

“Hadirnya BMD bukan semata-mata memberikan modal namun juga pelatihan dan pendampingan agar modal yang diberikan dapat digunakan secara efektf, sehingga keinginan BAZNAS RI untuk mencetak Muzaki-muzaki dari mustahik bisa terwujud,” kata Noor Achmad.

Acara peresmian kantor BMD dilaksanakan dengan menerapkan protokol kesehatan. Jumlah peserta yang hadir di lokasi dibatasi maksimal 25 orang dan wajib menerapkan protokol kesehatan dengan wajib mengenakan masker dan melakukan jaga jarak minimal satu meter. Selain itu di lokasi pelaksanaan juga disediakan tempat cuci tangan.

Selain di lokasi kantor BMD Yogyakarta, acara peresmian juga dilaksanakan secara online melalui kanal zoom meeting dan disiarkan langsung di chanel YouTube BAZNAS TV.

Turut hadir secara daring Bupati Gunungkidul, Kepala Dinas Koperasi dan UMKM Kabupaten Gunungkidul, Kepala Kementerian Agama Kabupaten Gunungkidul, Camat Wonosari, Ketua MUI Kabupaten Gunungkidul dan Wonosari, Kepala KUA Kecamatan Wonosari, Kapolsek Wosari, Danramil Wonosari, Lurah Desa Gari, Lurah Karangtengah, Lurah Beringharjo, dan Tokoh Masyarakat Setempat. Sementara hadir di lokasi secara langsung Kepala BMFi, Ketua BAZNAS Provinsi DIY, Ketua BAZNAS Kabupaten Gunungkidul, Lurah Piyaman, dan tiga orang mitra mustahik yang akan mewakili dalam serah terima modal usaha secara sumbolis.

#BAZNAS
#PilihanPertamaPembayarZakat
#LembagaUtamaMenyejahterakanUmmat
#BAZNASMicrofinance
#BMDJogjakarta

Terkait

  • Lainnya

  • Bayar Zakat

DAFTAR REKENING ZAKAT BAZNAS

BRI Syariah 1000783214
BNI Syariah 0095555554
Bank Muamalat 3010070753
BSM 7001325498
BCA 6860148755
Bank Mandiri 0700001855555
CIMB Niaga Syariah 860000148800
Bank Mega Syariah 1000015559

an. BAZNAS

Untuk informasi daftar rekening lainnya, silahkan klik baznas.go.id/rekening

Atau melalui layanan zakat digital BAZNAS
1⃣ Website : baznas.go.id/bayarzakat
2⃣ Kitabisa : kitabisa.com/baznas
3⃣ Tokopedia : bit.ly/zakat-tokopedia
4⃣ Bukalapak : bit.ly/zakat-bukalapak
5⃣ Shopee : bit.ly/shopee-baznas

Konfirmasikan bukti transfer zakat dan infak Anda melalui:

Contact Centre BAZNAS
Whatsapp: +6287877373555
Telf: +62 21- 3904555
Email: layananmuzaki@baznas.or.id

Atau klik link :
bit.ly/KonfirmasiZakatBAZNAS

#ZakatTumbuhBermanfaat
http://baznas.go.id