Sampah kemasan botol plastik ternyata bisa dimanfaatkan sebagai media menanam hidroponik, Jika biasanya menanam dengan cara hidroponik menggunakan rangkaian–rangkain pipa air, kini di Desa Midang, Kecamatan Gunungsari Lombok Barat menanam hidroponik bisa hanya dengan menggunakan bekas sampah botol plastik saja. Tak butuh lahan yang luas hanya di depan teras rumah para warga bisa menanam berbagai aneka macam sayuran dan tanaman lainnya.

Hal ini diungkapkan oleh Rosidi salah satu penggagas pengelolaan botol plastik. Berawal dari keresahan melihat bekas botol plastik yang menumpuk di kali di depan rumahnya, Rosidi kemudian tergerak hatinya untuk memulai memanfaatkan botol plastik menjadi sesuatu yang bermanfaat bagi lingkungannya. “Awalnya saya resah melihat tumpukan botol plastik yang ada di kali depan rumah saya kemudian saya ikut pelatihan yang diadakan puskesmas yang saat itu memunculkan ide saya untuk memanfaatkan botol-botol plastik ini menjadi media hidroponik dan kerajinan lainnya,” ungkap Rosidi.

Awal menjalankan usahanya, Rosidi hanya menjalankan usahanya sendiri, namun kini usaha yang ia rintis sudah bisa membuka lapangan kerja bagi tetangga sekitar tempat tinggalnya. Rosidi mengajak ibu–ibu disekitar tempat tinggalnya untuk bersama–sama memanfaat sampah botol plastik agar bermanfaat bagi lingkungan dan memiliki nilai ekonomis. “Awalnya saya mencoba usaha ini sendiri, lama kelamaan saya mengajak ibu–ibu sekitar komplek untuk bergabung, akhirnya kegiatan ini sekarang menjadi kegiatan yang dapat bernilai secara ekonomis dan berdampak besar bagi lingkungan,” ungkap Rosidi.

Rosidi adalah salah satu calon mitra BMD Gunungsari. Kini usaha yang ia jalani bersama ibu–ibu sekitarnya mulai banyak Pesanan. Namun dirinya mengalami kendala untuk menngakses permodalan. “Kami sudah mulai banyak pesanan, namun kami kesulitan untuk membeli bahan baku karena keterbatasan modal”, ungkap Rosidi.

Bersama BMD Gunungsari Bapak Rosidi dan teman–temannya berharap dapat lebih mudah mendapatkan akses permodalan untuk mengembangkan usahanya. Dirinya juga berinisiatif setiap pengembalian angsuran,  ada sampah yang dikumpulkan agar menyemangati warga sekitarnya untuk tetap menjaga lingkungan dan mengembangkan usahanya.”Kami sepakat nantinya saat pengembalian angsuran anggota kelompok diwajibkan  sambil mengumpulkan sampah agar memberi semangat anggota kelompok untuk bersemangat dalam menjalankan program dan mengembangkan usaha”, ungkap Rosidi kepada tim BMD Gunungsari di sela-sela aktivitasnya.

Perlu diketahui Rosidi bersama dengan warga sekitarnya bukan hanya memanfaat botol plastik menjadi media tanam hidroponik. Mereka juga mengolah sampah plastik menjadi seni ekobrik yang mengubah sampah anorganik menjadi material perlengkapan yang artistik seperti pagar, lantai, dan hiasan lainnya.


#ZakatTumbuhBermanfaat
#BAZNAS
#microfinance
#BAZNASmicrofinance

Terkait

  • Lainnya

  • Bayar Zakat

DAFTAR REKENING ZAKAT BAZNAS

BRI Syariah 1000783214
BNI Syariah 0095555554
Bank Muamalat 3010070753
BSM 7001325498
BCA 6860148755
Bank Mandiri 0700001855555
CIMB Niaga Syariah 860000148800
Bank Mega Syariah 1000015559

an. BAZNAS

Untuk informasi daftar rekening lainnya, silahkan klik baznas.go.id/rekening

Atau melalui layanan zakat digital BAZNAS
1⃣ Website : baznas.go.id/bayarzakat
2⃣ Kitabisa : kitabisa.com/baznas
3⃣ Tokopedia : bit.ly/zakat-tokopedia
4⃣ Bukalapak : bit.ly/zakat-bukalapak
5⃣ Shopee : bit.ly/shopee-baznas

Konfirmasikan bukti transfer zakat dan infak Anda melalui:

Contact Centre BAZNAS
Whatsapp: +6287877373555
Telf: +62 21- 3904555
Email: [email protected]

Atau klik link :
bit.ly/KonfirmasiZakatBAZNAS

#ZakatTumbuhBermanfaat
http://baznas.go.id