Memulai usaha dari nol memang bukan perkara mudah. Dibutuhkan tekad yang kuat, usaha keras, dan kemauan untuk terus belajar. Hal ini lah yang dirasakan bapak Daud, penjual fried chicken dari desa Ciampea. Ia adalah salah mitra BMD Bojong Rangkas penerima pembiayaan pada Juli 2018 lalu.


Sebelum menejalankan usaha fried chicken, bapak Daud adalah seorang guru honorer di sebuah sekolah di daerah Ciampea. Penghasilan yang ia dapatkan dari mengajar tidaklah cukup untuk mencukupi kebutuhan istri dan dua orang anaknya. “Jika hanya mengandalkan penghasilan dari mengajar tidak mencukupi kebutuhan sehari-hari, maka saya berinisiatif untuk membuat usaha fried chicken.”, ungkap bapak Daud. Berbekal pembiayaan yang ia terima pada bulan Juli lalu, ia memberanikan diri untuk merintis usahanya. Awal ia menjalankan usahanya ia mampu mendapatkan omzet Rp 300.000,00 untuk setiap harinya. “Alhamdulillah bisa mencukupi kebutuhan dan mudah–mudahan usahanya bisa terus berkembang dan berkembang."


Namun usaha yang ia rintis tidak selamanya lancar, selera konsumen yang terus berubah kerap menjadi kendala bagi bapak Daud. Namun hal ini tidak membuat bapak Daud menghentikan langkahnya. Semangat untuk terus belajar dan berinovasi untuk menciptakan hal-hal baru membuat usaha bapak Daud terus berjalan meskipun kondisi dagangannya kadang kala sepi. “Adapun kendala yang saya hadapi adalah adanya rasa bosan anak–anak terhadap varian menu yang ada, maka untuk mensiasati hal tersebut saya berinovasi dengan menambah varian jualan dengan berjualan nugget dan cilok”, ungkap bapak Daud. Bukan hanya itu, jika musim liburan sekolah dan bulan Ramadhan tiba, ia tidak bisa berjualan karena kantin sekolah tempat ia berdagang tidak beroperasi. “Jika musim liburan sekolah dan bulan Ramadhan tiba, saya tidak ada pemasukan sama sekali karena saya tidak bisa berjualan.”, jelas bapak Daud sambil menggoreng ayam saat dijumpai tim BMD Bojong Rangkas.


Kini meskipun dagangan sedang sepi, bapak Daud sudah tidak khawatir lagi. Ia tidak perlu memikirkan bunga lebih untuk melunasi kewajibannya kepada rentenir. “Alhamdulillah kini pembiayaan yang saya terima tidak berbunga maka ketika jualan sedang sepi tidak menjadikan beban berat buat saya, semoga usaha saya bisa berkembang.”, ungkap bapak Daud diakhir percakapan siang lalu.

 

#ZakatTumbuhBermanfaat
#BAZNAS
#microfinance
#BAZNASmicrofinance

Terkait

  • Lainnya

  • Bayar Zakat

DAFTAR REKENING ZAKAT BAZNAS

BRI Syariah 1000783214
BNI Syariah 0095555554
Bank Muamalat 3010070753
BSM 7001325498
BCA 6860148755
Bank Mandiri 0700001855555
CIMB Niaga Syariah 860000148800
Bank Mega Syariah 1000015559

an. BAZNAS

Untuk informasi daftar rekening lainnya, silahkan klik baznas.go.id/rekening

Atau melalui layanan zakat digital BAZNAS
1⃣ Website : baznas.go.id/bayarzakat
2⃣ Kitabisa : kitabisa.com/baznas
3⃣ Tokopedia : bit.ly/zakat-tokopedia
4⃣ Bukalapak : bit.ly/zakat-bukalapak
5⃣ Shopee : bit.ly/shopee-baznas

Konfirmasikan bukti transfer zakat dan infak Anda melalui:

Contact Centre BAZNAS
Whatsapp: +6287877373555
Telf: +62 21- 3904555
Email: [email protected]

Atau klik link :
bit.ly/KonfirmasiZakatBAZNAS

#ZakatTumbuhBermanfaat
http://baznas.go.id