Terjun ke dunia peternakan membawa banyak perubahaan bagi Ade Rusmana, peternak mustahik binaan BAZNAS di Balai Ternak BAZNAS Bogor. Berawal dari mimpi ingin mempunyai ternak sendiri saat bekerja di salah satu peternakan di Bogor dengan mengumpulkan pupuk kandang. Kini mimpi itu ia wujudkan bersama Badan Amil Zakat Nasional (BAZNAS). Mengikuti program pemberdayaan peternak mustahik sejak 4 Januari 2019, kini mimpi Ade mempunyai puluhan domba mulai terwujud.

Pada awal program Ade diberikan modal produktif sebanyak 9 ekor domba oleh BAZNAS untuk dikembangkan bersama kelompok peternak Madani Farm di Balai Ternak BAZNAS Bogor. Berkat kegigihan dan kecintaannya pada ternak, kini ternak yang ia pelihara berkembang menjadi 41 ekor.

Selain merasakan peningkatan populasi ternak dan pendapatan, pada momen Kurban tahun ini memberikan rasa yang berbeda bagi Ade. Pada momen kurban ini Ade tak hanya menjadi mitra pelaksana Kurban Online BAZNAS yang menjalankan amanah dari mudhohi berkurban di BAZNAS hingga proses distribusi, namun Ade juga ikut berbagi dengan memberikan kurban 1 ekor domba dari hasil ternak yang ia jalankan.

 


Ade mengucapkan rasa syukurnya dalam waktu 3 tahun terakhir ini bisa diberdayakan oleh BAZNAS melalui program Balai Ternak. Tak hanya mampu meningkatkan kapasitas diri, tapi ia juga dapat memberikan kehidupan yang lebih baik bagi keluarganya. Selain itu Ade juga bisa berbagi kebahagiaan untuk tetangga sekitar. Jika tahun sebelumnya istrinya dapat berkurban, pada tahun ini Ade juga dapat berkurban dari hasil penjualan ternak.

“Alhamdulillah sudah 2 kali bisa berkurban dari hasil beternak walaupun tahun lalu dan tahun ini baru bisa 1 ekor, semoga ke depan ada rezekinya dan bisa berkurban kembali untuk anak-anak," ucap Ade.

Ade juga menambahkan bahwa momen Kurban Online BAZNAS tahun ini adalah kesempatan ketiga dia dan peternak mustahik di Balai Ternak BAZNAS Bogor terlibat sebagai mitra pelaksana yang diberdayakan oleh BAZNAS.

Dari hasil keuntungan penjualan ternak ini ia bisa membangun dan perlahan memperbaiki rumah serta menyekolahkan anaknya. Sebagai tambahan informasi, bahwa pada Kurban tahun 2021 ini, Ade berhasil menjual 7 ekor anakan domba miliknya dengan pendapatan hingga Rp17.000.000.

“Semua peternak sangat bersyukur dan mengucapkan terima kasih karena bisa menjual ternak yang dipelihara dan merasakan daging, bisa berbagi ke semua tetangga yang juga ikut bisa menikmati daging, ujar Ade menambahkan.

Ke depannya masih banyak asa yang ingin Ade capai, ia ingin terus mengembangkan ternak yang ia pelihara melalui pendampingan yang telah diberikan BAZNAS. Jika sekarang ternak yang ia pelihara 41 ekor, Ade berharap nanti bisa menjadi ratusan hingga ribuan. Selain berdaya melalui program penggemukan ternak dan pembiakan, Ade juga mengembangkan usaha lainnya di Balai Ternak BAZNAS Bogor yaitu pupuk organik Cimande dan aqiqah.

#BalaiTernakBAZNAS
#GerakanCintaZakat
#LembagaPemberdayaanPeternakMustahik
#PilihanPertamaPembayarZakat
#LembagaUtamaMenyejahterakanUmat

Terkait

  • Lainnya

  • Bayar Zakat

DAFTAR REKENING ZAKAT BAZNAS

BRI Syariah 1000783214
BNI Syariah 0095555554
Bank Muamalat 3010070753
BSM 7001325498
BCA 6860148755
Bank Mandiri 0700001855555
CIMB Niaga Syariah 860000148800
Bank Mega Syariah 1000015559

an. BAZNAS

Untuk informasi daftar rekening lainnya, silahkan klik baznas.go.id/rekening

Atau melalui layanan zakat digital BAZNAS
1⃣ Website : baznas.go.id/bayarzakat
2⃣ Kitabisa : kitabisa.com/baznas
3⃣ Tokopedia : bit.ly/zakat-tokopedia
4⃣ Bukalapak : bit.ly/zakat-bukalapak
5⃣ Shopee : bit.ly/shopee-baznas

Konfirmasikan bukti transfer zakat dan infak Anda melalui:

Contact Centre BAZNAS
Whatsapp: +6287877373555
Telf: +62 21- 3904555
Email: [email protected]

Atau klik link :
bit.ly/KonfirmasiZakatBAZNAS

#ZakatTumbuhBermanfaat
http://baznas.go.id