Balai Ternak BAZNAS Gresik merupakan salah satu titik pemberdayaan peternak mustahik yang memberdayakan sebanyak 3 kelompok peternak dengan jumlah peternak mencapai 59 orang. Memasuki tahun ketiga pengembangan program ini, BAZNAS mendorong kelompok peternak memperluas unit usaha selain penggemukan dan pembiakan. Adapun unit usaha yang akan dikembangkan pada tahun 2021 ini yaitu produk kompos dan produk pakan komplit.

Dalam mempermudah peternak melakukan produksi pakan komplet dalam jumlah besar, BAZNAS memberikan fasilitas Bank Pakan yang dikelola oleh Kelompok Barokah di Desa Bangeran, Kecamatan Dukun, Kabupaten Gresik. Melalui Bank Pakan ini peternak dapat melakukan produksi pakan komplit untuk dipasarkan disekitar Kabupaten Gresik.

Selain memfasilitasi aset produksi pengolahan BAZNAS juga memberikan modal produktif bahan-bahan pakan. Seperti pada Kamis (4/3), peternak mustahik, Misbahul Huda (36) didampingi Pendamping Program melakukan pengecekan bahan pakan seperti rendeng kangkung, kulit kopi, kulit kacang tanah, ampas gula, tepung roti, dan garam. Semua bahan ini akan diproduksi menjadi formulasi pakan komplit.

pendamping program Balai Ternak Gresik, Muhtarur Rofiq, menyampaikan produksi perdana pakan komplit akan dimulai pada pertengah Maret 2021. Diharapkan dengan adanya Bank Pakan dengan fasilitas choper dan bahan pakan ini bisa menambah pendapatan bulanan dari peternak mustahik dan mempermudah akses penjualan pakan ternak bagi peternak disekitar Kabupaten Gresik.

"Tidak hanya memfasilitasi peternak mustahik dalam mengolah pakan, BAZNAS juga akan berikan pendampingan teknis seperti pelatihan pengolahan pakan.", ujar Rofiq

#BalaiTernakBAZNAS
#BAZNAS
#PilihanPertamaPembayarZakat
#LembagaUtamaMenyejahterakanUmat
#LembagaPemberdayaanPeternakMustahik
#GerakanCintaZakat