Program Mustahik Pengusaha melakukan Latihan Dasar Kelompok (LDK) pada kelompok disabilitas mandiri yang beranggotakan 9 orang selama tiga hari di Bukit Duri. Para penerima manfaat ini terkumpul dari berbagai macam usaha, seperti usaha menjahit, minuman kopi, dan jasa laundry. Latihan Dasar Kelompok ini diadakan selama tiga hari dengan materi yang berbeda setiap harinya.

Para peserta LDK menghadiri setiap pertemuan dengan tertib dan tanpa kendala yang berarti, pada pertemuan hari pertama disampaikan materi pengenalan BAZNAS dan Lembaga Pemberdayaan Ekonomi Mustahik (LPEM). Kegiatan yang berjalan selama kurang lebih satu jam dititikberatkan pada pembahasan syarat dan prosedur program, hal ini bertujuan untuk menyatukan persepsi dan pengetahuan mustahik tentang program Mustahik Pengusaha, sehingga kedepanya pendamping program dapat berkoordinasi dengan lebih mudah dengan PM.

Pada hari kedua, pendamping program menyampaikan tentang komitmen yang harus calon PM pegang selama menjadi bagian dari program. Hak dan kewajiban penerima manfaat juga dijelaskan guna menjaga pelaksanaan program sesuai dengan visi, misi dan gagasan program. Setelah itu pendamping program melakukan analisis usaha masing masing calon penerima manfaat, agar nantinya dapat mempermudah dalam menyusun strategi pengembangan usaha setiap penerima manfaat. Dalam sesi diskusi, para penerima manfaat saling sharing pengalaman dan kondisi usahanya, sehingga PM lain dapat menyimak dan mengambil ilmu dan pengetahuan yang sudah dimiliki oleh setiap PM.

Pada hari terakhir pendamping program menyampaikan tentang pembentukan kelompok dan pembentukan strukturnya, beserta tugas dan tanggung jawabnya. Setelah itu, dilanjutkan dengan pembahasan tentang jadwal pertemuan kelompok, serta target kelompok yang akan di capai. Sesuai syarat dan ketentuan program, setiap calon penerima manfaat diwajibkan untuk mengikuti kegiatan LDK ini karena pentingnya komitmen yang harus dijaga oleh penerima manfaat bagi pendampingan yang dilakukan oleh LPEM BAZNAS. Dengan dilaksanakannya kegiatan LDK pada setiap kelompok PM dirasakan dapat mempermudah proses pendampingan yang dilakukan oleh LPEM, karena calon PM telah mengerti hak dan kewajiban yang harus dilakukan sehingga pelaksanaan program MP dapat berjalan sesuai dengan visi dan misi program. LPEM berharap dengan adanya kegiatan LDK ini dapat membangun komitmen dan motivasi mustahik dalam mengikuti setiap kegiatan pendampingan usaha oleh pendamping program.

Terkait