Kelompok Tani Dewasa (KTD) Flamboyan binaan Badan Amil Zakat Nasional (BAZNAS) melakukan panen sayur organik, pada Kamis (2/12). Dalam kegiatan panen kali ini, KTD Flamboyan menghasilkan sayuran pakcoy sebanyak 35 kilogram dari lahan yang dikelola petani di Kelurahan Margajaya, Kecamatan Bogor Barat, Kota Bogor.

Pendamping Program Lumbung Pangan, Hanif yang mendampingi petani KTD Flamboyan mengungkapkan bahwa KTD Flamboyan sudah berhasil melakukan manajemen panen sayuran secara berkala.

"Alhamdulillah, KTD Flamboyan telah melaksanakan panen pakcoy sebanyak 35 kilogram dengan harga jual Rp8.000 per kilogram. Dengan hasil panen kali ini, KTD Flamboyan berhasil melakukan manajemen waktu panen yang sebelumnya sebulan sekali menjadi seminggu sekali sehingga bisa menyesuaikan dengan permintaan pasar yang ada. Selain itu, kualitas sayuran pakcoy yang dihasilkan juga memiliki kualitas yang baik," ujar Hanif.

Dalam kesempatan yang sama, Hanif menuturkan hasil panen KTD Flamboyan disalurkan ke pasar dan perumahan sekitar.

“Sejauh ini hasil panen dari KTD Flamboyan sudah terserap dengan baik, hasil panen sayur yang dihasilkan disuplai ke pasar Dramaga dan perumahan sekitar petani. Setiap pemasukan dari penjualan hasil panen akan dikelola oleh pengurus dari KTD Flamboyan dan disimpan dalam rekening bersama dalam bentuk tabungan KTD Flamboyan. Selanjutnya KTD Flamboyan akan mengembakan komoditas sayuran lainnya, mengingat potensi pasar terhadap sayuran organik semakin tinggi dan memiliki daya tarik masyarakat dalam menjalankan pola makan sehat dari sayur organik," tutur Hanif.

Kelompok Tani Dewasa (KTD) Flamboyan merupakan salah satu kelompok tani binaan Lembaga Pemberdayaan Ekonomi Mustahik (LPEM) BAZNAS di Kelurahan Margajaya, Kecamatan Bogor Barat, Kota Bogor, yang berfokus pada budi daya sayuran organik seperti caisin, pakcoy, selada, dan kangkung.

Terkait