Badan Amil Zakat Nasional (BAZNAS) melakukan asesmen kepada sejumlah petani di Kampung Tangkil, Desa Cimanggu, Kecamatan Cikembar, Kabupaten Sukabumi, Jawa Barat, guna menindaklanjuti pertemuan sebelumnya dengan masyarakat setempat yang bersedia wilayahnya dijadikan binaan program Lumbung Pangan.

Dalam asesmen ini, sebanyak 52 orang calon penerima manfaat program Lumbung Pangan akan menerima bantuan berupa lahan seluas total 20 hektare untuk budi daya tanaman padi secara organik. Hasil asesmen ini kemudian akan dilakukan verifikasi terkait dengan kriteria calon penerima manfaat Program Lumbung Pangan.

Pendamping Lumbung Pangan BAZNAS, Syahrul mengungkapkan bahwa kegiatan ini menjadi awal untuk memperluas manfaat Program Lumbung Pangan di wilayah Desa Cimanggu.

"Asesmen ini dilakukan guna perluasan manfaat program Lumbung Pangan BAZNAS kepada para petani agar lebih berdaya setelah menjadi penerima manfaat”, ucap Syahrul.

BAZNAS sebelumnya telah memberdayakan dua Kelompok Tani, yakni Riung Gunung dan Sari Alam yang berasal dari Desa Cibatu selama 2 tahun. Setelah dilakukan pendampingan intensif, banyak manfaat yang telah dirasakan oleh kelompok tani, seperti peningkatan hasil panen, perubahan proses tani tradisional ke tani organik, memeroleh sertifikat Pangan Segar Asal Tumbuhan (PSAT), dan manfaat lainnya.

Terkait