Kegiatan Monitoring dilakukan oleh pendamping program untuk meninjau aktivitas usaha ibu Hanik Laksani di jalan Kali Baru RT 01 Rw 06, Medan Satria Bekasi. Ibu Hanik memiliki usaha warung Seblak, Mie Ayam dan aneka Minuman dingin yang diberi nama warung *Mama Hafid*. 

Ibu Hanik mulai merintis Usaha yang di tekuni sejak tahun 2016. Pada waktu itu warung Bu Hanik hanya menjual sosis bakar. Setiap harinya, warung Bu Hanik buka dari jam 10.00 pagi s.d jam 19.00 malam.

Ibu Hanik menuturkan bahwa sejak mendapat bantuan modal dari Muzakki melalui BAZNAS, omzet perharinya meningkat secara signifikan karena semakin banyak dagangan yang dapat ia jual. 

Namun kendala yang saat ini ditemui adalah sempitnya pangsa pasar warung Bu Hanik karena hanya sekitar rumah saja yang menjadi pelanggan, sesekali anak sekolah sekitar memesan 30 porsi pada hari Rabu dan Sabtu. Hal menarik yang pernah terjadi adalah pelanggan sering marah kepada Ibu Hanik karena sedang tidak buka ketika mereka ingin memesan banyak, sedangkan "lidah mereka" sudah cocok dengan masakan Ibu Hanik, sehingga Ibu Hanik membiasakan diri untuk update waktu operasional melalui whatsapp untuk mengabarkan bahwa ia sedang berjualan atau tidak. Pendamping pun memberikan solusi tambahan sebagai upaya peningkatan usaha Bu Hanik dengan pembuatan spanduk BAZNAS dan pengenalan marketing melalui social media untuk tahap selanjutnya. 

 

 

Terkait