Disaat pandemi Covid-19 ini, membuat seluruh masyarakat melakukan gerakan #dirumahaja, ntah itu pelajar yang learning at home, ataupun pekerja yang work from home, karena ini salah satu effort untuk meminimalisir penyebaran Covid-19. Di sisi bisnis atau usaha, efek dari pandemi Covid-19 membuat akses antara pembeli dengan penjual mati. Hal ini mengharuskan para pelaku usaha bisa mencari solusi agar ada akses untuk menghubungkan antara pembeli dengannya. Salah satu caranya adalah dengan mengandalkan media sosial untuk mempromosikan usahanya.

Mempromosikan produk usaha kita di media sosial, harus bisa menarik minat konsumen, gambar atau visual produk usaha menjadi point mutlak bagi pelaku usaha untuk mempublikasikan usahanya di media sosial. Sebuah transaksi jual beli online dapat terjadi, setelah seseorang membuka sebuah situs online, melihat aneka gambar produk yang ada, dan kemudian terpikat untuk memiliki atau menemukan kebutuhan yang dicari.

Namun ternyata, tidak semua pelaku usaha yang memahami hal apa saja yang diperhatikan dalam memproduksi gambar produk yang eye cathing, sehingga membuat orang tertarik. Kebanyakan orang lebih berfokus dengan alat yang ingin dipakai, apakah sudah profesional atau belum. Padahal untuk menghasilkan sebuah gambar produk yang menarik, tidak diperlukan peralatan yang profesional. Cukup dengan menggunakan alat seadanya di rumah, dapat menjadikan gambar produk kita menjadi lebih menarik.

Seperti pada hari Selasa (28/4/2020) di Jl. Sawangan Permai, Sawangan Baru Depok, Rustiana (48) yang dikerap dipanggil Ana, salah satu UMKM dari anggota kelompok Ben Mulyo Amanah binaan LPEM BAZNAS dalam program Mustahik Pengusaha. Walaupun dengan keterbatasan alat yang ada, tidak mengurangi semangatnya Ana untuk bisa menjadi kreatif dengan menjadikan gambar produk kentang mustofa, jus belimbing, dan sirup belimbing nya menjadi lebih menarik. Selain itu Ana juga ingin membagikan tips dan trik khususnya untuk para UMKM (Usaha Mikro, Kecil dan Menengah), untuk menjadikan gambar produk kita menjadi lebih menarik, yaitu dengan cara pengambilan foto produk yang menarik.

Nah, berikut ini adalah tips dana trik Ana dalam pengambilan foto produk yang menarik dengan menggunakan kamera ponsel (handphone) :

1. Siapkan terlebih dahulu Background Foto dengan Alat seadanya
Banyak orang yang berpendapat, untuk menghasilkan sebuah foto produk yang bagus haruslah dilakukan di studio foto. Tidak salah memang, karena studio foto kerjanya membuat konten foto yang bagus. Namun bagi para pelaku UMKM dengan budget terbatas ada solusi lain yang bisa dilakukan, yakni dengan menggunakan alat seadanya atau bisa disebut studio mini buatan sendiri. Memanfaatkan barang-barang rumah tangga seperti kursi, kain polos, dan lampu tambahan, kita sudah bisa membuat studio mini yang siap untuk mendokumentasikan konten gambar kita. Usahakan menggunakan background yang polos dan netral seperti warna putih maupun hitam. Warna putih dipilih, karena mampu memberikan kesan cerah dari produk dan bisa menonjolkan sisi detailnya. Dan warna hitam dipilih, untuk produk yang memiliki warna kontras dari background, sehingga detail produk tetap terlihat.

2. Tentukan Tema/Konsep Foto yang Akan kita Ambil
Konsep atau tema menjadi ruh pada setiap produksi sebuah foto atau gambar produk. Sebelum memotret sebuah produk, tentukan terlebih dahulu tema yang ingin diterapkan pada jepretan foto kita. Konsep atau tema foto produk yang bagus adalah yang bisa membuat orang yang melihatnya penasaran dan ingin tahu lebih lanjut. Atau dalam istilah lain mainkan dulu sisi emosional orang yang melihat foto produk tersebut. Ketika orang dalam hal ini konsumen tergerak rasa penasarannya, kemungkinan besar dia akan bertanya dan peluang closing akan lebih besar. Foto yang menimbulkan rasa penasaran itu yang seperti apa? Untuk point ini jam terbang akan berpengaruh terhadap teknik dan hasil fotonya, jadi sering-seringlah untuk berlatih.

3. Lighting atau Pencahayaan yang Bagus
Pencahayaan menjadi syarat mutlak demi terciptanya sebuah konten foto yang menarik, terlebih bagi kita yang mengcreate foto menggunakan kamera ponsel. Tingkat sensifitas kamera ponsel kurang apabila dibandingkan dengan kamera DSLR. Sehingga pengaturan cahaya menjadi point penting sebelum membuat konten foto produk. Dengan pencahayaan yang bagus maka detail produk lebih terlihat jika dibandingkan dengan cahaya redup atau bahkan gelap. Hal tersebut sangat berpengaruh dengan kualitas gambar yang dihasilkan nantinya. Untuk itu, sebaiknya ketika kita mengambil foto produk menggunakan ponsel, gunakanlah cahaya alami alias sinar matahari. Namun jika terpaksa harus mengambil foto di dalam ruangan, usahakan untuk mencari ruangan yang terpapar cahaya matahari. Jika dirasa masih kurang, tidak ada salahnya kita bisa menggunakan lampu tambahan, seperti lampu belajar.

4. Hindari Teknik Zooming dengan Kamera Ponsel
Teknik zooming sangat wajar digunakan ketika kita sedang memotret sebuah gambar. Namun, beda dengan kamera ponsel yang memiliki resolusi tidak sebagus DSLR. Ketika kita ingin mendapatkan ukuran gambar produk yang lebih besar, usahakan atur saja jarak pengambilan gambar, bukan menggunakan teknik zooming. Kenapa? karena akan menurunkan kualitas foto, terutama ketajaman warnannya.

5. Kenali Jeda Waktu Shutter di Kamera Ponsel
Waktu jeda shutter di beberapa kamera ponsel berbeda-beda. Ketika kita pencet shutter ponsel, membutuhkan waktu beberapa detik untuk merekam. Jadi usahakan ketika kita memencet tombol shutter, tangan tetap stabil dan tenang. Dan jangan langsung menggerakan ponsel tersebut, agar gambar yang dihasilkan tidak blur.

Demikianlah tips & trik dalam pengambilan gambar produk agar menjadi lebih menarik yang bisa Ana bagikan kepada pelaku UMKM, semoga dengan mempraktekannya tips dan trik ini, pelaku UMKM mampu mengambil gambar produk yang lebih menarik dan bisa menarik minat konsumen, sehingga di pandemi covid-19 ini perekonomiannya tetap meningkat.

#BAZNAS
#LPEMBAZNAS
#MustahikPengusaha
#LekasPulihIndonesia
#SemestaKebajikanZakat

Terkait

  • Lainnya

  • Bayar Zakat

DAFTAR REKENING ZAKAT BAZNAS

BRI Syariah 1000783214
BNI Syariah 0095555554
Bank Muamalat 3010070753
BSM 7001325498
BCA 6860148755
Bank Mandiri 0700001855555
CIMB Niaga Syariah 860000148800
Bank Mega Syariah 1000015559

an. BAZNAS

Untuk informasi daftar rekening lainnya, silahkan klik baznas.go.id/rekening

Atau melalui layanan zakat digital BAZNAS
1⃣ Website : baznas.go.id/bayarzakat
2⃣ Kitabisa : kitabisa.com/baznas
3⃣ Tokopedia : bit.ly/zakat-tokopedia
4⃣ Bukalapak : bit.ly/zakat-bukalapak
5⃣ Shopee : bit.ly/shopee-baznas

Konfirmasikan bukti transfer zakat dan infak Anda melalui:

Contact Centre BAZNAS
Whatsapp: +6287877373555
Telf: +62 21- 3904555
Email: [email protected]

Atau klik link :
bit.ly/KonfirmasiZakatBAZNAS

#ZakatTumbuhBermanfaat
http://baznas.go.id